Kompas.com - 12/08/2021, 11:51 WIB

KOMPAS.com – Siswa sekolah menengah atas (SMA) atau sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mulai duduk di kelas XII kerap bimbang saat harus menentukan jurusan kuliah.

Banyak pertimbangan yang harus dipikirkan, mulai dari biaya kuliah, peluang diterima di jurusan tertentu, minat dan bakat, sampai rekomendasi dari guru dan orangtua.

Terkadang, jurusan yang diinginkan siswa tidak selaras dengan keinginan orangtua atau bakat dan minat pribadinya. Hal ini menyebabkan banyak siswa semakin bingung untuk memilih jurusan.

Terlepas dari perkara-perkara tersebut, semua orang yang menuntut pendidikan tinggi tentu berharap dapat hidup nyaman dengan karier yang mapan pada masa depan.

Untuk itu, jurusan dengan potensi gaji besar juga dapat dijadikan sebagai pertimbangan sebelum mendaftarkan diri ke perguruan tinggi.

Baca juga: 7 Tips Persiapan Kuliah bagi Mahasiswa Baru

Berikut daftar jurusan kuliah dengan potensi gaji besar yang sedang tren di Indonesia, dilansir dari keterangan pers resmi Universitas Nusa Mandiri (UNM), Kamis (12/8/2021).

1. Sains data

Maraknya perkembangan data seiring dengan perkembangan teknologi saat ini membuat banyak perusahaan membutuhkan jasa ahli pengolahan data.

Perusahaan membutuhkan lulusan sains data yang mampu mengolah data menjadi informasi.

Karena peran ahli sains data sangat penting, maka gaji profesi ini juga besar. Gaji seorang ahli sains data berada pada kisaran Rp 15.000.000 sampai Rp 40.000.000. Cukup fantastis, bukan?

Beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan Sains Data, di antaranya adalah Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Airlangga (UNAIR), Institut Pertanian Bogor (IPB), dan Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.