Kompas.com - 13/08/2021, 09:48 WIB
Ilustrasi sepak bola. shutterstockIlustrasi sepak bola.
|

KOMPAS.com - Masyarakat di dunia sudah familiar dengan permainan sepak bola. Bahkan di Indonesia, sepak bola jadi salah satu olahraga paling digemari.

Apa itu sepak bola dan bagaimana gerak dasar sepak bola? Bagi siswa sekolah tentu harus paham dengan olahraga yang satu ini.

Melansir laman PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, sepak bola adalah salah satu olahraga permainan yang dimainkan dalam bentuk tim.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Gerak Dasar Bermain Bola Voli

Setiap tim memiliki 11 orang sudah termasuk 1 orang penjaga gawang. Olahraga sepak bola ini sangat membutuhkan keterampilan pada gerakan kaki dan tungkai.

Untuk penjaga gawang ada pengecualian dimana penjaga gawang boleh menggunakan tangan selama berada di area gawangnya.

Namun, jika penjaga gawang keluar dari area gawangnya maka tidak boleh lagi memegang bola, jika itu terjadi maka penjaga gawang tersebut akan mendapat pelanggaran.

Pemain sepak bola ini memiliki tujuan untuk memasukan bola ke dalam gawang lawan dan mesti berusaha agar dapat menjaga gawang sendiri agar tidak terjadi gol di gawang sendiri.

Sedangkan olahraga sepak bola dilakukan dalam 2 babak, dimana pada tiap babak terdiri dari 45 menit.

Untuk waktu istirahat berada diantara dua babak yaitu sebanyak 10 menit. Pemain bisa beristirahat dan memulihkan tenaga.

Suatu tim akan dinyatakan sebagai pemenang, jika mampu mencetak gol ke gawang lawan dengan sebanyak mungkin.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.