Kompas.com - 09/08/2021, 11:40 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa sekolah yang sedang belajar mengenai permainan bola voli, berikut ini penjelasan gerak dasar bermain bola voli.

Bagaimana gerak dasar permainan bola voli itu? Melansir laman PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, permainan bola voli merupakan permainan salah satu permainan bola besar.

Dalam permainan bola voli, para pemain agar dapat bermain dengan baik harus menguasai beberapa keterampilan gerak atau teknik dasar.

Baca juga: Siswa, Ini Pengertian dan Klasifikasi Sayuran

Keterampilan gerak yang harus dikuasai antara lain keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis, smash dan membendung.

Prinsip dalam permainan bola voli yaitu memantulkan bola dan mencegah bola jatuh di lapangan sendiri. Memantulkan bola dalam permainan bola voli dilakukan dengan keterampilan gerak passing bawah, passing atas atau bagian tubuh yang lain seperti kaki atau tangan.

Penggunaan anggota tubuh seperti kaki atau tangan diluar keterampilan gerak digunakan untuk penyelamatan bola yang bertujuan untuk mencegah bola jatuh.

Berikut ini adalah rangkaian gerak dasar bermain bola voli dalam mempraktikkan keterampilan gerak passing bawah, passing atas, servis dan smash dalam permainan bola voli.

a. Keterampilan gerak passing bawah

Teknik dasar passing bawah sering disebut dengan istilah bola pertama. Bola pertama dapat diartikan sebagai bola sentuhan awal untuk memulai penyerangan.

Peraturan permaian bola voli setiap tim hanya diperkenankan menyentuh bola maksimal 3 kali sentuhan, diantaranya:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.