Kompas.com - 14/08/2021, 16:56 WIB
Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan susu fermentasi yang mengandung probiotik. Produk susu fermentasi yang dinamai LowKol ini diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol.
Tangkap layar laman UGMPeneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan susu fermentasi yang mengandung probiotik. Produk susu fermentasi yang dinamai LowKol ini diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kadar kolesterol tinggi menjadi salah satu penyakit yang banyak diderita masyarakat Indonesia.

Salah satu penyebab seseorang menderita kolesterol karena gaya hidup yang kurang sehat. Sebenarnya, kolesterol bisa membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon dan asam empedu untuk mencerna lemak.

Namun jika kadar koleksterol terlalu tinggi, kondisi ini berbahaya bagi tubuh karena menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi.

Peneliti Universitas Gadjah Mada (UGM) mengembangkan jenis pangan kesehatan sehat berupa susu fermentasi yang mengandung probiotik.

Baca juga: Siswa, Ketahui 3 Fakta Menarik Alat Musik Angklung

Kembangkan susu fermentasi bisa turunkan kolesterol

Produk susu fermentasi yang dinamai LowKol ini diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu anggota peneliti LowKol Prof. Widodo Hadisaputro mengatakan, produk ini memanfaatkan probiotik strain lokal asal manusia di Indonesia yaitu Lactobacillus casei (L.casei) strain AP yang dapat menurunkan kadar kolesterol total, LDL dan trigliserida.

Menurut Widodo, Lactobacillus adalah salah satu genus bakteri asam laktat berpotensi sebagai probiotik.

Genus Lactobacillus asal saluran pencernaan mudah dikulturkan dan memiliki ketahanan hidup pada kondisi saluran pencernaan.

"Konsumsi susu fermentasi mengandung probiotik Lactobacillus dapat menurunkan kolesterol, meningkatkan sensitivitas terhadap insulin, dan hiperglikemik tipe 2," kata Widodo seperti dikutip dari laman UGM, Sabtu (14/8/2021).

Baca juga: Adaro Energy Buka Lowongan Kerja Lulusan SMK-D3, Buruan Daftar

Berhasil mengisolasi L. casei strain AP dan AG

Dosen Fakultas Peternakan UGM ini menerangkan, pengembangan susu fermentasi penurun kolesterol ini mulai dilakukan setelah ia berhasil mengisolasi L. casei strain AP dan AG dari saluran pencernaan bayi Indonesia yang hanya mengonsumsi air susu ibu (ASI).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.