Kompas.com - 20/08/2021, 11:38 WIB
Suasana saat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta (sekarang Jalan Proklamasi Nomor 5, Jakarta Pusat) pada 17 Agustus 1945. Arsip ANRISuasana saat pembacaan teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di rumah Soekarno di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56, Jakarta (sekarang Jalan Proklamasi Nomor 5, Jakarta Pusat) pada 17 Agustus 1945.
|

KOMPAS.com - Sejak 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia menyatakan kemerdekaannya. Hal itu diproklamirkan oleh Soekarno yang mendapat kesempatan untuk membacakan naskah proklamasi.

Dengan dibacakannya proklamasi, maka Indonesia menyatakan bahwa telah bebas dari belenggu penjajahan yang mengikat sejak ratusan tahun silam.

Kabar gembira itu tentu langsung disiarkan melalui berbagai media seperti radio, media cetak, hingga utusan daerah.

Baca juga: Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, Siswa Wajib Paham

Oleh karena itu, proklamasi kemerdekaan Indonesia dapat dijadikan sebagai tonggak pembaruan kehidupan bangsa Indonesia di segala aspek kehidupan.

Bagi siswa sekolah, apakah sudah paham makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam berbagai aspek?

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, Jumat (20/8/2021), ini makna proklamasi kemerdekaan Indonesia dalam berbagai aspek:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. Politik

Untuk aspek politik, tentunya Indonesia memiliki kedaulatan rakyat yaitu pengakuan dari segenap rakyat Indonesia.

Bahwa pemerintahan Indonesia sebagai kekuasaan pemerintahan tertinggi dan terlepas dari segala bentuk penjajahan.Inilah yang diperjuangkan oleh rakyat Indonesia sejak dulu.

2. Sosial

Segala bentuk diskriminasi rasial dihapuskan dari bumi bangsa Indonesia. Selain itu, semua warga negara Indonesia dinyatakan memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam segala bidang.

Tidak ada perbedaan suku, agama, dan sebagainya. Hanya ada satu kata, yakni Indonesia.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.