Kompas.com - 21/08/2021, 11:11 WIB
Ilustrasi wajah. Ilustrasi wajah.
|

KOMPAS.com - Seringkali, kita bertemu seseorang yang sudah dikenal tetapi lupa dengan namanya. Padahal kita ingat wajahnya dengan baik.

Apakah kamu pernah mengalaminya? Lebih mudah ingat wajah daripada nama? Melansir akun resmi Instagram Kemendikbud Ristek, Jumat (20/8/2021), ini penjelasannya.

Terutama bagi siswa sekolah harus paham. Yakni proses mengingat wajah berkaitan dengan cara kerja otak manusia.

Baca juga: Siswa, Ini Makna Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dalam Berbagai Aspek

Otak manusia yang begitu kompleks memiliki satu bagian khusus yang bertugas untuk mengenali wajah.

Bagian itu bernama bernama Fusiform Face Area (FFA). Ia berada di dalam lobus temporal yang terletak pada bagian belakang telinga.

Sementara dalam mengingat nama, otak tidak punya bagian khusus. Nama sama seperti kata-kata lainnya, tetapi nama disimpan sebagai sebuah kata khusus.

Jadi, saat mencoba mengenali seseorang, otak melakukan dua tugas yang berbeda, yaitu mengingat wajah dan nama.

Untuk merekam wajah

Untuk merekam wajah, otak memiliki perkerjaan yang lebih banyak, seperti melihat, mengenali, mengamati, dan menyimpan visualisasi wajah sebagai memori.

Sedangkan, untuk nama, otak hanya perlu mendengar dan menyimpannya tanpa perlu pengamatan.

Baca juga: Siswa, Ternyata Ini Faktor Pemicu Dimulainya Pergerakan Nasional

Meski otak memiliki FFA itu, tetapi otak tidak memiliki bagian khusus untuk mengingat nama. Nama disimpan seperti kata-kata lainnya.

Tips mudah ingat nama

Jika kamu ingin mudah ingat nama seseorang, maka ada tips mudah. Supaya lebih mudah mengingat nama seseorang, kita dapat mengucapkan atau mengulangi nama orang yang baru kita kenal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.