Kompas.com - 29/08/2021, 21:05 WIB
Ilustrasi siswa SMA, seragam SMAs Shutterstock/Tiwuk SuwantiniIlustrasi siswa SMA, seragam SMAs
|

KOMPAS.com - Biasanya, siswa yang kurang tertarik dengan mata pelajaran hitung-hitungan atau bidang eksakta, biasanya cenderung memilih jurusan IPS atau Bahasa.

Bagi siswa jurusan IPS, jangan khawatir saat ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Ada banyak sekali jurusan kuliah yang bisa kamu pilih. Selain itu, jurusan perkuliahan yang dipilih siswa dari jurusan IPS juga memiliki prospek tak kalah bagus.

Dilansir dari salah satu platform edukasi Ruang Guru, Minggu (29/8/2021), ada 15 pilihan jurusan soshum (sosial humaniora) yang bisa dipilih.

Jurusan dari kelompok Soshum sangat banyak. Mulai dari jurusan yang sudah familiar dipilih anak IPS seperti jurusan Manajemen, Ilmu Komunikasi, Hubungan Internasional. Hingga jurusan yang sepi peminat, seperti jurusan Antropologi, Arkeologi, Ilmu Kesejahteraan Sosial dan Filsafat. Yuk kenali jurusan yang bisa dipilih siswa jurusan IPS.

Baca juga: Sekolah Perhatikan 5 Kunci Pelaksanaan PTM Terbatas

Jurusan kuliah untuk anak IPS

1. Jurusan Ilmu Komunikasi
Jurusan Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan yang selalu banjir peminat tiap tahunnya. Misalnya pada SBMPTN 2021, peminat jurusan ini lebih dari 3.000 calon mahasiswa. Saat memilih jurusan ini, kamu mempelajari beberapa mata kuliah yang berkaitan dengan bidang jurnalistik, periklanan, marketing communication, dan public relations.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Jurusan Manajemen
Jurusan manajemen itu nggak cuma ada di bidang ekonomi saja, ada beberapa jurusan manajemen yang bisa kamu kulik lebih dalam lagi. Yakni Manajemen Pendidikan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Perhotelan, Manajemen Perbankan, dan Manajemen Pariwisata.

3. Jurusan Hubungan Internasional
Jurusan Hubungan Internasional cocok bagi kamu yang tertarik dengan isu-isu internasional. Mata kuliah dalam jurusan HI akan lebih mendorong kamu untuk lebih dalam lagi terjun belajar mengenai hal-hal tersebut secara obyektif.

Baca juga: Daikin Buka Lowongan Kerja Lulusan SMA/SMK dan D3/S1, Cek Syaratnya

4. Jurusan Hukum/Ilmu Hukum
Jika kamu tertarik menekuni profesi sebagai seorang hakim, pengacara atau notaris, jurusan ini bisa kamu pilih. Ada juga mata kuliah pilihan yang bisa kamu pilih, misalnya, konsentrasi Hukum Keluarga. Ada beberapa turunan mata kuliah, seperti Hukum Perkawinan, Hukum Waris BW, Hukum Waris Adat, Perbandingan Hukum Perdata, dan Hukum Perdata Kontemporer.

5. Jurusan Psikologi
Mata kuliah di jurusan Psikologi berkaitan erat dengan pola perilaku atau kebiasaan manusia yang berpengaruh terhadap kesehatan mental orang itu sendiri.

Contohnya antara lain Psikologi Klinis, Psikologi Kepribadian, Psikologi Perkembangan Anak, Psikologi Budaya, Coaching dan Mentoring, Hambatan Perkembangan Anak dan Remaja serta Psikologi Konsumen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.