Kompas.com - 30/08/2021, 09:11 WIB
Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil membuat skripsi berjumlah 37 halaman. Tangkap layar Instagram @campuspediaMahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) berhasil membuat skripsi berjumlah 37 halaman.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menyusun sebuah skripsi bagi mahasiswa tingkat akhir pasti membutuhkan perjuangan untuk menyusun bab demi bab.

Penelitian dalam skripsi juga akan berpengaruh dalam jumlah halaman skripsi yang dibuat. Jika beberapa waktu lalu ada skripsi yang mencapai ribuan halaman, kini ada juga mahasiswa yang menyelesaikan skripsi cukup dengan 37 halaman saja.

Dilansir dari platform edukasi yang ada di Instagram @campuspedia, Minggu (29/8/2021), mahasiswa yang berhasil menyusun skripsi hanya 37 halaman dilakukan oleh Nurfa Rama Dika.

Baca juga: 15 Jurusan Kuliah untuk Anak IPS, Tertarik Pilih yang Mana?

Membuat skripsi 37 halaman

Lulusan Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) ini baru saja menyelesaikan studinya sehari sebelum liburan Idul Adha bulan Juli 2021 lalu.

Postingan Rama Dika di akun TikTok @dika_rama98 ini sontak menarik perhatian netizen. Skripsi yang disusun Dika hanya sebanyak 37 halaman sudah termasuk cover hingga halaman daftar riwayat hidup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Skripsi yang dibuat Nurfa Rama Dika berjudul Pengaruh Level dan Cara Pemberian Madu terhadap Kadar Lemak Abdomen dan Lemak Daging Puyuh Jantan.

Baca juga: 16 Artis Indonesia Lulusan UI, Ada Nicholas Saputra

Dipertanyakan netizen 

Jika dijabarkan secara mendetail, skripsi tersebut terdiri dari 1 halaman sampul, 2 lembar pengesahan, 1 lembar pernyataan, 2 lembar pustaka, 1 lembar daftar isi, 1 lembar daftar tabel, 1 lembar daftar lampiran, 2 lembar abstrak bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, 2 lembar bab 1 pendahuluan.

Sebanyak 4 lembar bab 2 tinjauan pustaka, 6 lembar bab 3 metode penelitian, 6 lembar bab 4 pembahasan, 1 lembar bab kesimpulan dan saran, 3 halaman daftar pustaka, 2 lembar daftar lampiran, 2 lembar tentang penulis dan 1 halaman kosong di bagian paling belakang.

Postingan Nurfa Rama Dika di TikTok ini tentu mengundang banyak tanya netizen. Ada pula netizen yang membandingkan halaman skripsi mahasiswa di kampus lain dengan jumlah hingga ratusan halaman. Hal ini karena ketentuan minimuman skripsi di kampus biasanya sekitar 50-70 halaman.

Baca juga: Intip 5 Universitas Termahal di Indonesia dan Fasilitasnya

Rama Dika pun menjelaskan bahwa peraturan di kampusnya yang tidak membatasi jumlah minimal halaman skripsi karena penelitiannya bersifat eksperimen. Sehingga Nurfa Rama Dika tetap bisa lulus dari Fakultas Petenakan Unsoed hanya dengan 37 halaman saja. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.