Kompas.com - 01/09/2021, 09:53 WIB
Ilustrasi sekolah virtual DOK. Humas Pemprov JatengIlustrasi sekolah virtual
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Hasil survei Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) yang dirilis Mei 2020 menyatakan 54 persen siswa SMA merasa bosan mengikuti pembelajaran online.

Pembelajaran online yang dilakukan secara berkepanjangan karena adanya pandemi Covid-19 ini juga dikhawatirkan mengakibatkan learning loss.

Peneliti Pusat Kajian Resolusi Konflik, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Pertanian Bogor (IPB) University Adi Firmansyah mengatakan, sejalan dengan survei tersebut, hasil survei Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) yang dirilis Februari 2021, menyebutkan 78 persen siswa merasa terbebani dengan tugas pembelajaran online ini.

"Rasa bosan dan terbebani ini antara lain bisa disebabkan metode atau cara penyampaian materi pelajaran dalam pembelajaran online yang kurang menarik," kata Adi Firmansyah seperti dikutip dari laman IPB, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: 6 Manfaat Teh Bunga Telang dan Daun Lampes Inovasi Mahasiswa Unesa

Tips agar pembelajaran online tidak membosankan

Penggiat literasi digital IPB Kreatif 97 ini membagikan tips bagi guru mengenai cara menyampaikan materi pembelajaran online agar tidak membosankan dan menarik untuk disimak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada beberapa tips untuk para guru yang dibagikan mahasiswa Program Doktor Komunikasi Pembangunan IPB University ini.

1. Memetakan materi yang akan disampaikan

Menurutnya, agar materi pembelajaran secara online itu lebih efektif dan menarik, guru harus memetakan materi yang akan disampaikan, misalnya dengan mind map.

"Selain itu, guru bisa menyiapkan materi pembelajaran yang menarik, misalnya dengan menggunakan powerpoint, yang dilengkapi dengan audio visual. Template-template powerpoint yang menarik dan free sudah banyak tersedia di internet," papar Adi.

Baca juga: Orangtua, Begini Cara Membangun Semangat Berkolaborasi pada Anak

2. Gunakan kuis yang dijawab real time

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.