Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa DKV, Ini 5 Situs Terbaik untuk Menampilkan Karyamu

Kompas.com - 05/09/2021, 07:39 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi mahasiswa zaman sekarang, sangat terbantu dengan adanya internet. Mahasiswa bisa dengan mudah mencari referensi dalam mengerjakan tugas atau skripsi dengan berselancar di internet.

Apalagi saat ini internet juga bisa dengan mudah diakses. Bagi mahasiswa dengan jurusan desain, keberadaan internet juga bisa menjadi sarana untuk menampilkan hasil karya mereka.

Sebagai salah satu cabang ilmu desain di perguruan tinggi, jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) didorong untuk mahir menggambar dan menghasilkan karya seni.

Bukan hanya itu, saat memilih jurusan DKV, mahasiswa juga bisa menguasai ilmu desain dari sudut pandang bisnis. Hal itu disebabkan karya yang dibuat, memiliki tujuan khusus bagi perusahaan.

Baca juga: Inovasi Mahasiswa Unsoed, Olah Limbah Ampas Tahu Jadi Sabun Organik

Melansir dari laman Institut Teknologi Batam (Iteba), Sabtu (4/9/2021), keberadaan internet juga bermanfaat bagi mahasiswa DKV. Bagi mahasiswa DKV, menciptakan hasil karya adalah sebuah kepuasan. Namun, mahasiswa DKV juga seringkali merasa bingung memilih sarana untuk menampilkan karya ke khalayak umum.

Di tengah pandemi dan perkembangan teknologi saat ini, hasil karya mahasiswa DKV dapat ditampilkan melalui beberapa platform secara online, lho. Berikut 5 website atau situs terbaik bagi mahasiswa DKV untuk menampilkan karyanya.

5 situs terbaik bagi mahasiswa DKV

1. Behance.net

Salah satu website terbaik untuk mahasiswa DKV bisa menampilkan karya adalah Behance.net. Platform ini dapat diakses dengan mudah. Kelebihan platform ini adalah kamu bisa mengekspresikan karya dengan penyajian layout yang bisa diciptakan sendiri.

Dengan menggunakan situs ini, mahasiswa bisa leluasa mempresentasikan karyanya. Situs ini juga dilengkapi dengan beberapa fitur, seperti follow, like, appreciation, dan mengetahui jumlah followers, serta fitur komentar.

Baca juga: Banyak Dicari, Ini Kelebihan Prodi Teknik Biomedis dan Sains Data

2. Dribbble.com

Dribbble adalah situs terbaik untuk mahasiswa DKV menampilkan karya. Namun, situs ini lebih berfokus pada karya desain grafis serta UI/UX website. Shots adalah fitur Dribbble untuk mempublikasikan karya.

Pada dasarnya situs ini gratis, namun Dribbble juga menyediakan layanan upgrade ke pro. Jika karyamu bagus, kamu bisa mendapatkan klien juga lho dari website ini.

3. Deviantart.com

Situs untuk menampilkan karya mahasiswa DKV berikutnya adalah Deviantart.com. Website ini sudah lama ada sejak tahun 2000. Beragam karya seni bisa ditemukan dalam situs ini, khususnya secara digital.

Karya-karya yang dipajang dalam situs ini, seperti Anime dan Manga. Deviant Art juga menyediakan fitur share, komen, dan tombol favorit.

Baca juga: Intip 5 Jurusan Keren Pilihan Para Artis dan Tokoh di Indonesia

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com