Kompas.com - 05/09/2021, 14:18 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|

KOMPAS.com - Meski baru saja merasakan naik kelas namun bagi siswa kelas 12 perlu mulai tancap gas untuk persiapan masuk ke perguruan tinggi. Apalagi jika kamu punya impian masuk perguruan tinggi negeri (PTN), persiapan yang dilakukan harus lebih gencar lagi.

Biasanya ada tiga jalur yang dibuka PTN saat menerima mahasiswa baru. Mulai dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan melalui jalur Mandiri.

Jika punya impian masuk ke kampus negeri jalur SNMPTN, kamu bisa mulai mempersiapkan diri mulai dari sekarang.

Dilansir dari salah satu platform edukasi di laman Ruang Guru, Minggu (5/9/2021), meski tanggal ujian SNMPTN belum diketahui secara pasti, persiapan yang matang haruslah jadi bekal utama.

Baca juga: Rumah Sakit Awal Bros Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan D3, Yuk Daftar

Calon mahasiswa, bisa mencermati timeline penting pendaftaran SNMPTN dan UTBK 2022 agar bisa tahu apa yang harus dipersiapkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bulan September - Oktober

Siswa kelas 12 bisa mulai mencari tahu informasi jurusan dan kampus yang ingin dituju pada bulan September dan Oktober.

Kamu bisa mencari tahu lebih dalam tentang jurusan dan kampus impian yang ingin dipilih. Hal ini penting dilakukan karena berkaca pada pelaksanaan seleksi SNMPTN 2021 lalu, pendaftaran dibuka pada bulan Februari. Sedangkan, pengumumannya disampaikan pada bulan Maret.

Dalam mempertimbangkan jurusan dan kampus, siswa kelas 12 bisa berdiskusi dengan orangtua mengenai minat belajarmu. Selain itu kamu juga bisa bertanya tentang jurusan yang ingin dipilih dengan saudara atau kakak tingkat atau siapa pun yang dipercaya.

Baca juga: Mata Kuliah Paling Aneh di Dunia, Ada Cara Menyelamatkan Diri dari Zombie

Bulan November - Desember

Di bulan ini kamu bisa mulai mencicil materi dan latihan soal UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). Siswa kelas 12 bisa mempersiapkan untuk Ujian Akhir Semester sekaligus mencicil materi latihan soal UTBK tahun depan.

Bulan Januari - Februari

UTBK semakin dekat, latihan soal dan tryout harus lebih giat. Pada bulan ini, persiapan harus lebih matang untuk berjuang dengan latihan soal-soal untuk persiapan UTBK SBMPTN. Di bulan Februari kamu juga perlu menyiapkan persyaratan untuk pendaftaran SNMPTN.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.