Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Jurusan Kuliah Paling Diminati di Dunia Tahun 2021

Kompas.com - 06/09/2021, 10:01 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bisa diibaratkan dengan memilih karier di masa depan. Sedikit banyak, jurusan kuliah akan menentukan arah karier hingga besarnya kesempatan kamu diterima di suatu bidang kerja.

Banyak yang meraih sukses di bidang kerja sesuai jalur pendidikannya, meski begitu tak sedikit pula orang yang sukses di luar jalur pendidikannya, dengan cara mengasah softskill di luar jurusan kuliah.

Dengan kata lain, memilih jurusan kuliah memang butuh pertimbangan matang, tidak hanya soal bidang apa yang kamu sukai, namun juga mempertimbangkan bakat, prospek kerja bahkan pilihan kampus.

Sebagai bahan pertimbangan, situs mydegreeguide.com merilis 30 jurusan kuliah yang paling banyak diminati di tahun 2021.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Pemeringkatan tersebut diambil berdasarkan jurusan perguruan tinggi paling populer dengan gaji tertinggi setelah lulus, tingkat pertumbuhan pekerjaan dan permintaan tenaga kerja dari lulusan.

Situs ini setidaknya telah melakukan penelitian atas 30 jurusan yang paling dicari dunia. Apa saja itu? Berikut rangkuman 7 dari 30 jurusan paling populer merangkum platform edukasi Kelas Pintar:

1. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah jurusan yang pertama dalam daftar peringkat jurusan perguruan tinggi paling diminati di dunia tahun 2021 ini.

Tumbuhnya industri perminyakan dunia menyebabkan banyak perusahaan energi dan perminyakan membutuhkan sumber daya manusia ahli yang cukup banyak.

Umumnya, para pelajar yang mengambil jurusan ini adalah mereka yang memiliki latar belakang sekolah di jurusan IPA. Namun, tingginya tingkat persaingan harus membuat kalian mempertimbangkan untuk mengambil gelar master atau bahkan PhD di bidang ini untuk meningkatkan peluang kesuksesan di masa depan.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Gaji untuk jurusan di bidang ini bisa sangat tinggi dengan rate gaji mulai dari USD 84.000-126.000 per tahun atau sekitar Rp 1,1 hingga Rp 1,7 miliar per tahun dengan pertumbuhan mencapai 3 persen.

2. Teknologi Informasi

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi dan informasi dan perubahan digitalisasi dunia, ahli teknologi informasi sangat dibutuhkan berbagai perusahaan nasional dan multinasional.

Jurusan perguruan tinggi paling diminati di seluruh dunia ini dalam kurikulumnya menggabungkan bisnis dan teknologi. Ketika dunia menjadi lebih bergantung pada teknologi, memilih jurusan Teknologi Informasi dapat terbukti sangat menguntungkan.

Jurusan Teknologi Informasi dapat membuka pintu untuk banyak pekerjaan potensial mulai dari mempelajari teknologi informasi dalam bahasa pemrograman, keamanan dunia maya, pengembangan perangkat lunak, pengembangan aplikasi, dan banyak bidang komputer atau teknologi lainnya.

Umumnya, mata pelajaran dengan gelar sarjana IT ini meliputi operasi komputer dasar, analisis dan desain sistem, jaringan, dan administrasi database.

Baca juga: Sampoerna University Buka Beasiswa S1 Tahun 2022, Bebas Biaya Kuliah

Lulusan dengan jurusan IT memiliki peluang pekerjaan sebagai Developer, Administrator Basis Data, Arsitek Jaringan, atau Ilmuwan Riset Komputer dan Informasi. Rata-rata perusahaan mampu membayar gaji sebesar USD 60.000-93.000 atau sekitar Rp 885 juta hingga Rp 1.3 miliar per tahun dengan pertumbuhan mencapai 5 persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com