Kompas.com - 06/09/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi mahasiswa Dok. PixabayIlustrasi mahasiswa

KOMPAS.com - Memilih jurusan kuliah bisa diibaratkan dengan memilih karier di masa depan. Sedikit banyak, jurusan kuliah akan menentukan arah karier hingga besarnya kesempatan kamu diterima di suatu bidang kerja.

Banyak yang meraih sukses di bidang kerja sesuai jalur pendidikannya, meski begitu tak sedikit pula orang yang sukses di luar jalur pendidikannya, dengan cara mengasah softskill di luar jurusan kuliah.

Dengan kata lain, memilih jurusan kuliah memang butuh pertimbangan matang, tidak hanya soal bidang apa yang kamu sukai, namun juga mempertimbangkan bakat, prospek kerja bahkan pilihan kampus.

Sebagai bahan pertimbangan, situs mydegreeguide.com merilis 30 jurusan kuliah yang paling banyak diminati di tahun 2021.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Pemeringkatan tersebut diambil berdasarkan jurusan perguruan tinggi paling populer dengan gaji tertinggi setelah lulus, tingkat pertumbuhan pekerjaan dan permintaan tenaga kerja dari lulusan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Situs ini setidaknya telah melakukan penelitian atas 30 jurusan yang paling dicari dunia. Apa saja itu? Berikut rangkuman 7 dari 30 jurusan paling populer merangkum platform edukasi Kelas Pintar:

1. Teknik Perminyakan

Teknik Perminyakan adalah jurusan yang pertama dalam daftar peringkat jurusan perguruan tinggi paling diminati di dunia tahun 2021 ini.

Tumbuhnya industri perminyakan dunia menyebabkan banyak perusahaan energi dan perminyakan membutuhkan sumber daya manusia ahli yang cukup banyak.

Umumnya, para pelajar yang mengambil jurusan ini adalah mereka yang memiliki latar belakang sekolah di jurusan IPA. Namun, tingginya tingkat persaingan harus membuat kalian mempertimbangkan untuk mengambil gelar master atau bahkan PhD di bidang ini untuk meningkatkan peluang kesuksesan di masa depan.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Gaji untuk jurusan di bidang ini bisa sangat tinggi dengan rate gaji mulai dari USD 84.000-126.000 per tahun atau sekitar Rp 1,1 hingga Rp 1,7 miliar per tahun dengan pertumbuhan mencapai 3 persen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.