Kompas.com - 08/09/2021, 15:43 WIB
Buku WangsitHOTS CAT CPNS/PPPK 2021 DOK. GrasindoBuku WangsitHOTS CAT CPNS/PPPK 2021

Penulis: Cindy Kus Untari-Editor Nonfiksi Grasindo

KOMPAS.com - Tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)/Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak pernah sepi pelamar di setiap pelaksanaannya.

Hal ini terjadi karena CPNS/ASN masih menjadi profesi favorit untuk masyarakat di Indonesia. Dikutip dari kompas.com, Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat total pelamar CPNS dan PPPK 2021 telah lebih dari 4 juta orang.

Alur tes CPNS ini dimulai dari pengumuman lowongan, pendaftaran, seleksi administrasi, ujian Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB), dan diakhiri dengan pengumuman kelulusan.

Baca juga: Lima Cara Mengasah Jiwa Inovatif dan Jadi Lebih Kreatif

Seleksi administrasi Tes CPNS 2021 telah dilaksanakan dan langkah lanjutan yang harus diikuti pelamar yang lolos adalah mengikuti Seleksi Kemampuan Dasar (SKD).

Berdasarkan Permenpan RB No. 27 Tahun 2021, SKD dilaksanakan dengan sistem CAT yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Inteligensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Semua tes ini dilaksanakan dalam durasi 100 menit. Mengenai nilai ambang batas SKD, Kemenpan RB menetapkan bahwa pelamar yang mendaftar pada kebutuhan umum harus memenuhi passing grade 65 untuk TWK, 80 untuk TIU, dan 166 untuk TKP.

Passing grade TKP tahun 2021 meningkat dari sebelumnya yang hanya 126. Butir soal pada setiap tes juga mengalami perubahan, yaitu 30 soal TWK, 35 soal TIU, dan 45 soal TKP. Untuk soal TWK dan TIU, bobot soal untuk setiap jawaban benar bernilai 5, sedangkan untuk jawaban salah/tidak diisi bernilai 0.

Sementara soal TKP, bobot penilaiannya memiliki tingkatan dari 1 sampai 5 dan nilai 0 untuk soal yang tidak diisi.

Baca juga: Kenali Impianmu lewat Buku Looking For The King of Fishing

Ibarat perang, ujian SKD bisa dilalui dengan baik jika dipersiapkan dengan matang. Tidak hanya tingginya passing grade yang ditetapkan, banyaknya pesaing yang mendaftar di satu formasi juga turut meningkatkan persaingan di SKD ini.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.