Kompas.com - 08/09/2021, 21:02 WIB
Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di masa Pandemi COVID-19. DOK. UNJKegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di masa Pandemi COVID-19.

KOMPAS.com - UNJ menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di masa Pandemi Covid-19 sebagai bagian Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Kegiatan kali ini diketuai Prof. Arita Marini dengan mengambil tema “Socialization of Educational Entrepreneurship for Elementary School Teachers in The Province of Jakarta in Indonesia."

Kegiatan PPM dilaksanakan sebanyak 3 kali dan berlangsung dari Mei 2021 hingga September 2021.

Kegiatan PPM ini bertujuan meningkatkan potensi kewirausahaan guru SD di Jakarta yang selama ini belum terkelola dengan baik.

Solusi yang ditawarkan oleh akademisi UNJ adalah memberikan sosialisasi tentang pendidikan kewirausahaan bagi kelompok guru sekolah dasar untuk mendorong pengembangan minat kewirausahaan mereka dengan program kegiatan pembelajaran yang tepat melalui sosialisasi.

Baca juga: 9 Webinar Gratis untuk Guru-Orangtua Jadi Pengajar Canggih Abad 21

Selain itu, sosialisasi ini juga bermanfaat mengembangkan kompetensi guru SD dalam berwirausaha dan mengembangkan kegiatan berwirausaha baik secara mandiri maupun kelompok.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kegiatan PPM ini, UNJ menghadirkan narasumber Professor Christian von Luebke dari Konstanz University, Jerman, yang juga merupakan Head in Southeast Asian Studies, International Management Asia.

Ketua Pelaksana PPM, Prof. Arita Marini, ME, mengatakan guru sekolah dasar harus memiliki kompetensi optimal terkait dengan pendidikan kewirausahaan sehingga dapat mendorong pemikiran inovatif dan kreatif mereka.

Lebih lanjut Prof. Arita berharap kegiatan PPM yang didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Negeri Jakarta dengan skim International Collaboration in Community Services ini dapat menjadi salah satu kegiatan internasionalisasi UNJ.

"Melalui kegiatan internasional ini diharapkan dapat mendukung visi UNJ mewujudkan kampus  unggul dan bereputasi di Kawasan Asia," tutup Prof. Arita.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.