Kompas.com - 10/09/2021, 06:53 WIB
Ilustrasi berolahraga ShutterstockIlustrasi berolahraga
|

KOMPAS.com - Masyarakat tetap diimbau untuk memakai masker ketika berada di luar rumah. Hal ini tentu agar tetap terhindar dari Covid-19.

Untuk menjaga daya tahan tubuh selama pandemi, masyarakat juga sebisa mungkin untuk rutin berolahraga. Karena olahraga, maka pasti dilakukan di luar rumah.

Meski demikian, kini masih banyak perbincangan, apakah menggunakan masker saat berolahraga aman dan tidak menganggu aktivitas olahraga itu sendiri.

Baca juga: Akademisi UGM: Ini Jenis Makanan yang Tepat bagi Penderita Diabetes

Terkait hal itu, RAISA radio mengadakan bincang-bincang santai mengenai “Baikkah Menggunakan Masker Saat Berolahraga?”, Kamis (9/9/2021).

Adapun narasumbernya ialah Dr. dr. Zaenal Muttaqien Sofro, AIFM, Sport and Circ Med dari Departemen Fisiologi FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM).

Hal yang perlu diperhatikan

Menurutnya, olahraga sebaiknya dua jam setelah sarapan, dan penggunaan masker diperbolehkan untuk olahraga intensitas ringan seperti jalan kaki di pagi hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun yang perlu diperhatikan adalah jenis masker yang digunakan. Usahakan menggunakan masker baru berbahan lembut dan tidak basah.

"Karena saat berolahraga, kita akan berkeringat sehingga dapat meningkatkan kelembapan masker," ujar dokter Zaenal seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM.

Sedangkan untuk olahraga anaerobik seperti angkat beban yang sering dilakukan di gym disarankan untuk tidak menggunakan masker karena intensitas tinggi.

Namun beberapa hal perlu diperhatikan seperti ventilasi tempat gym dan menjaga jarak antar member gym.

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa selain masker, perlu diperhatikan juga kecukupan cairan saat berolahraga terutama di masa pandemi seperti saat ini.

Baca juga: Akademisi UGM: Begini Cara Jaga Konsentrasi Mahasiswa dengan Gizi Seimbang

Serta durasi olahraga jangan terlalu lama dan berat, karena tubuh membutuhkan istirahat.

"Yang terpenting adalah olahraga tidak boleh mengaggu keseimbangan tubuh karena olahraga yang berlebihan justru akan merusak mitokondria badan menjadi tidak segar," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.