Kompas.com - 01/09/2021, 11:10 WIB
ilustrasi makanan sehat. SHUTTERSTOCK/Red Floydilustrasi makanan sehat.
|

KOMPAS.com - Biasanya, mahasiswa disibukkan dengan kegiatan perkuliahan, berorganisasi, dan kegiatan lainnya termasuk di luar kampus.

Maka tak heran jika kegiatan itu sering membuat makan tidak teratur. Pola yang salah ini membuat mahasiswa tidak maksimal dalam menjalankan aktivitas akademiknya.

Disamping itu, selain banyaknya aktivitas yang dilakukan, seringkali makanan yang dikonsumsi menyimpang karena pemilihan makanan dipengaruhi oleh teman maupun distraksi lainnya.

Baca juga: Tips Memilih Makanan Sehat Saat Pandemi ala Akademisi UGM

Karenanya, guna meningkatkan pengetahuan akan pemilihan gizi yang tepat kepada mahasiswa, RAISA radio sebagai pelopor radio penyedia informasi kesehatan di Indonesia melakukan bincang-bincang santai.

Tema yang diangkat “Mengenal Gizi Seimbang untuk Mahasiswa”, Senin (30/8/2021) bersama Tony Arjuna, M.NutDiet, Ph.D, AN, APD dari Departemen Gizi Kesehatan FK-KMK UGM.

Toni menjelaskan, jika mengonsumsi makan tidak beragam dan hanya makan satu jenis saja, maka cenderung kekurangan asupan zat gizi dalam tubuh yang mengakibatkan terjadinya kekurangan gizi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kurangnya gizi pada mahasiswa dapat mengakibatkan pertumbuhan menjadi lambat, daya tahan tubuh rendah, tingkat kecerdasan dan produktivitas menjadi rendah.

"Mahasiswa saat ini lebih memilih fastfood atau makanan cepat saji, sehingga tubuh kurang mendapatkan asupan makanan yang mengandung serat," ujarnya seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM, Selasa (31/8/2021).

Tak hanya itu saja, konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran pun kadang sering dilupakan dalam pemenuhan asupan gizi yang seimbang.

"Ditambah lagi dengan semakin mudahnya akses mendapatkan makanan fastfood dari aplikasi ojek online," imbuh Toni.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.