Kompas.com - 14/09/2021, 17:13 WIB
Universitas Gadjah Mada Dok. UGMUniversitas Gadjah Mada

KOMPAS.com - Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) 2021. KRI merupakan kompetisi robotika tahunan bagi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemdibud Ristek).

Situasi pandemi Covid-19 membuat KRI diselenggarakan dengan format baru yaitu secara daring sejak tahun 2020. Meski sebelumnya, KRI selalu dilaksanakan langsung di lapangan.

Wakil Ketua I Pelaksana KRI 2021, Suherman mengatakan KRI merupakan kompetisi bergengsi yang ditunggu oleh seluruh mahasiswa Indonesia sebagai ajang mengalirkan bakat, minat, kreativitas, dan ide di bidang robotika.

Baca juga: ITS Masuk 8 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia, Ada Kampus Kamu?

"Total ada 278 tim robot dari 107 perguruan tinggi yang ikut dalam KRI Wilayah meliputi 140 tim dari 54 perguruan tinggi di KRI Wilayah I dan 138 tim dari 53 perguruan tinggi di KRI Wilayah II," paparnya seperti dirangkum dari laman UGM, Selasa (14/9/2021).

Suherman menerangkan ada 6 divisi yang dipertandingkan yakni Kontes Robot Abu Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI) yang sebelumnya bernama Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI), KRSBI Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), dan Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam KRI 2021 ini, lanjut dia, peserta akan bertanding di tempat masing-masing yang ditayangkan secara daring melalui video conference.

Sementara itu, juri dan panitia terpusat di perguruan tinggi yang menjadi tuan rumah yaitu UGM dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Perguruan tinggi tuan rumah menjadi ruang kontrol pertandingan dengan tim juri akan memandu jalannya kompetisi serta melakukan penilaian setiap tim secara live streaming.

Selanjutnya tim dengan prestasi terbaik di tingkat wilayah akan diundang mengikuti KRI Tingkat Nasional pada 2021. KRI Nasional akan dilaksanakan pada 12-17 Oktober 2021.

Baca juga: Mahasiswa D3-S2, Ada Beasiswa Bantuan Biaya Kuliah dan Tugas Akhir

Naufal Catra Rahmadian, panitia dari unsur mahasiswa mengatakan KRI akan mempertandingkan enam divisi lomba secara real time dan secara live streaming.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.