Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
BRIN
Badan Riset dan Inovasi Nasional

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) adalah lembaga pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Presiden Republik Indonesia. BRIN memiliki tugas menjalankan penelitian, pengembangan, pengkajian, dan penerapan, serta invensi dan inovasi yang terintegrasi.

Urgensi Pembelajaran Berbasis Projek

Kompas.com - 14/09/2021, 17:07 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Anggi Afriansyah | Peneliti Sosiologi Pendidikan di Pusat Riset Kependudukan BRIN

KOMPAS.com - Saya sempat mengajar di salah satu SMA swasta di Jakarta Selatan. Sekolah ini menjalankan pembelajaran berbasis projek individu maupun kelompok. Beragam projek yang diberikan memiliki tujuan, salah satunya agar siswa dapat melejitkan potensi diri.

Sekolah di mana saya mengajar memiliki input anak-anak yang berasal dari kelas menengah ke atas.

Dari segi fasilitas, sekolah memiliki gedung bagus, akses internet memadai, komputer dan LCD di setiap ruang kelas, perpustakaan nyaman dan lengkap, arena pertunjukkan (teater kecil), dan arena olahraga variatif.

Guru-guru dapat memberikan beragam penugasan kepada siswa. Ekosistem sekolah memungkinkan guru mengoptimalkan beragam potensi siswa dan memacu mereka menyelesaikan beragam tugas secara tertib.

Siswa dipacu menjadi sosok yang mampu memberi solusi, sebab tugas yang diberikan guru didesain untuk melatih kemampuan menyelesaikan persoalan yang dihadapi selama mengerjakan projek tersebut.

Beberapa projek di berbagai pelajaran antara lain pementasan drama, pembuatan film pendek, wawancara tokoh publik/politik di level nasional, dan aneka penugasan lainnya.

Tidak hanya substansi tugas, melalui penugasan tersebut komitmen, kreativitas, kolaborasi, kemandirian, dan kemampuan presentasi siswa ditempa.

Baca juga: Kerja Sama Unpad-Kompas Gramedia Siapkan Pembelajaran Berkualitas

Siswa kemudian terbangun wawasan, kepercayaan diri, kemampuan manajerial, dan beragam soft skill lainnya.

Guru-guru memantau secara berkelanjutan sampai mana tugas tersebut sudah diselesaikan.

Komunikasi dengan orangtua dilakukan agar tugas-tugas tersebut dapat selesai dengan memuaskan. Dukungan orangtua menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan tugas tersebut.

Pengalaman mengajar di sekolah tersebut sangat berkesan bagi saya. Sebagai guru, saya pun mendapat beberapa kesempatan mengikuti beragam pelatihan untuk meningkatkan wawasan dan kompetensi.

Setiap sebulan sekali ada forum guru yang memungkinkan kami mendiskusikan beragam persoalan yang dihadapi di kelas atau mendapatkan pencerahan dari beragam ahli di berbagai bidang (tidak hanya pendidikan).

Ruang aktualisasi dikokohkan agar guru berkeinginan untuk terus belajar dan berkembang.

Tantangan pembelajaran berbasis projek

Tentu saja pengalaman saya mengajar di sekolah swasta tersebut tidak bisa serta merta diterapkan di berbagai sekolah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com