Kompas.com - 15/09/2021, 14:12 WIB
Arkananta, Mahasiswa ITB Peraih Beragam Prestasi Olimpiade Dok. Humas ITBArkananta, Mahasiswa ITB Peraih Beragam Prestasi Olimpiade

KOMPAS.com - Kendati telah berulang kali memperoleh gelar juara dalam olimpiade serta kompetisi bidang Fisika, bukan berarti Mahasiswa Prodi Sarjana Fisika FMIPA Institut Teknologi Bandung (ITB), Arkananta Rasendriya tidak pernah gagal dalam berkompetisi.

Tak ada perasaan sedih di hati Arkananta ketika ia hanya mendapatkan medali perak di Kompetisi Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan (KNMIPA) 2021 lalu. Justru, ia merasa bersyukur karena kembali memperoleh pengalaman.

"Alhamdulillah. Terima kasih juga kepada para dosen pembina yang tidak pernah membuat saya down, tidak pernah mengatakan materinya susah, justru sebaliknya," ungkapnya seperti dirangkum dari laman ITB, Kamis (15/9/2021).

Baca juga: Beasiswa S1-S2 di Australia 2022, Senilai Rp 106 Juta Per Tahun

KNMIPA sendiri merupakan ajang kompetisi sains nasional untuk jenjang perguruan tinggi di Indonesia. Terbagi dalam beberapa bidang seperti Biologi, Kimia, Matematika, dan Fisika.

Selain mengikuti KNMIPA, Arkananta juga mencoba kompetisi dan kegiatan lain di tingkat pertama masa kuliahnya ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hebatnya, ia bahkan menjadi Ketua Divisi Akademik di BPA FMIPA 2020 serta Anggota Divisi Kajian dan Riset Solve It ITB 2020/2021. Di luar ranah ITB, Arkananta juga berperan menjadi content creator Fisika QnA dan Bersains.

Ketertarikan dan prioritas jadi kunci berprestasi

Mengikuti kompetisi memang menjadi keinginan Arkananta sejak sekolah. Kala itu, berkeinginan meneruskan kiprah olimpiadenya hingga tingkat universitas.

Ia mengatakan, keinginan kuat tersebut "lahir" karena ia begitu tertarik dengan bidang fisika hingga membuatnya bercita-cita menjadi peneliti di bidang fisika.

“Pengalaman mengikuti olimpiade fisika membuat saya tertarik untuk masuk Prodi Fisika ITB. Ketika MA saya juga memiliki rencana ke depan untuk menjadi peneliti di bidang fisika,” jelas Arkananta.

Baca juga: Lulusan dari 10 Jurusan Kuliah Ini Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Selain ketertarikan, ada hal lain yang membuat Arkananta mampu mengukir prestasi di bidang akademis.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.