Kompas.com - 16/09/2021, 14:03 WIB
Ngobrol Santai (Ngobras) Apresiasi 10 Proposal Film oleh Kemendikbud Ristek yang digelar secara virtual, Rabu (15/9/2021). DOK.Kemendikbud RistekNgobrol Santai (Ngobras) Apresiasi 10 Proposal Film oleh Kemendikbud Ristek yang digelar secara virtual, Rabu (15/9/2021).
|

KOMPAS.com - Menjadi sineas (pembuat film) bisa dimulai dari sekarang. Apalagi jika ada kesempatan untuk berkarya, maka harus segera berkarya.

Seperti event yang satu ini, Kompetisi Produksi (Kompro) Film Tahun 2021. Ini merupakan wadah yang ditujukan bagi para sineas untuk meningkatkan kreativitas dan semangat berkarya di masa pandemi Covid-19.

Event gelaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Baru, Direktorat Jenderal Kebudayaan ini bisa jadi acuan.

Baca juga: Pelajar, Ini 8 Film Inspiratif tentang Kemerdekaan

Dalam acara Ngobrol Santai (Ngobras) Apresiasi 10 Proposal Film yang digelar secara virtual, Rabu (15/9/2021), Kemendikbud Ristek yang memilih 10 proposal yang terpilih pada ajang tersebut.

Produksi film difasilitasi Kemendikbud Ristek

Menurut Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru, Ahmad Mahendra, sepuluh proposal yang terpilih akan mendapatkan kesempatan produksi film yang difasilitasi Kemendikbud Ristek.

"Karya ini nantinya akan ditayangkan pada kanal Indonesiana TV," ujar Mahendra dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dijelaskan Mehendra, kompetisi ini juga diselenggarakan untuk meningkatkan ketersediaan film pendek berkualitas yang mampu menanamkan pendidikan karakter, nilai budaya, dan kearifan lokal.

"Kita memang sedang mengakumulasi produksi konten-konten yang akan tayang di dalam kanal Indonesiana TV," imbuhnya.

Selain itu, Kompro Film tahun 2021 diselenggarakan untuk memperkuat ekosistem perfilman melalui kreasi dan produksi dengan mengusung tema “Dinamika Kebudayaan Indonesia” sebagai upaya pelestarian nilai-nilai budaya dan kearifan lokal melalui film pendek.

Berkesempatan ikut JAFF

Dari 352 proposal yang masuk, sebanyak sepuluh proposal terpilih mendapatkan kesempatan untuk memproduksi film yang difasilitasi oleh Kemendikbud Ristek.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.