Kompas.com - 18/09/2021, 17:42 WIB
Guru SMPN 3 Batang Hari sedang melakukan siaran podcast untuk mendukung pembelajaran digital. DOK. TANOTO FOUNDATIONGuru SMPN 3 Batang Hari sedang melakukan siaran podcast untuk mendukung pembelajaran digital.

KOMPAS.COM- Media pembelajaran berbasis IT (Information Technology) dianggap salah satu hal terpenting saat ini karena kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi akibat Covid-19.

Dampaknya dirasakan langsung dengan dunia pendidikan, terutama cara guru dalam mengajar tidak lagi sama seperti sebelum pandemi.

Namun hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi kepala sekolah dan guru SMPN 3 Batang Hari untuk terus berinovasi dalam mengembangkan media bahan ajar.

Para guru mengembangkan podcast untuk memudahkan guru dalam mentransfer ilmu kepada siswa melalui rekaman video.

“Adanya podcast tersebut untuk menjangkau pembelajaran yang berkelanjutan, dan relevan dengan kebutuhan era global,” ujar Rahmini, Kepala SMPN 3 Batang Hari, yang juga fasilitator Tanoto Foundation, Sabtu, (18/9).

Rahmini mengatakan, adanya kegiatan dalam bentuk podcast tersebut membuat guru semangat untuk saling mengisi dengan tema-tema menarik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengadaan acara podcast ini ditujukan untuk memenuhi dan mendukung kebutuhan pembelajaran dan literasi para siswa selama masa pandemi.

Baca juga: Kreatif, Mahasiswa UNS Ciptakan Media Pembelajaran bagi Anak Tunanetra

Hadirkan media pembelajaran dan kuis online

Hardi Opes Simbolon, pengelola podcast dan studio mini SMPN 3 Batang Hari, mengatakan pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini tidak ada yang tahu kapan akan berakhirnya. Atas dasar tersebut SMPN 3 Batang Hari berinisiatif untuk membentuk ruang multimedia dan studio mini agar dapat menunjang guru mengembangkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

“Sehingga peserta didik tidak bosan dan jenuh dengan metode dan media yang digunakan guru. Guru dapat memanfaatkan ruang multimedia dan studio mini untuk membuat video pembelajaran, mengajar dengan live streaming di facebook dan YouTube,” ujar Hardi.

Selain itu, sebagai sekolah mitra Program PINTAR Tanoto Foundation, para guru juga telah mendapatkan pembelajaran dan kuis berbasis online seperti zoom, quizizz, mentimeter hingga pelatihan editing video.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.