Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Islam Internasional Indonesia Terima 98 Mahasiswa Beasiswa Penuh

Kompas.com - 21/09/2021, 17:18 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Pertama kali membuka pendaftaran calon mahasiswa pada Juli 2021 melalui program UIII Scholarship, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan memulai perkuliahan perdana pada pekan depan, Senin (27/9/2021).

Program UIII Scholarship terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri. Sampai dengan 14 Juli 2021, sebanyak 1009 calon mahasiswa telah melamar.

Hal ini diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia UIII, Bahrul Hayat, di Kampus UIII Cimanggis, Depok.

"Upacara pembukaan perkuliahan, akan dilaksanakan sore ini, yang kita sebut dengan Academic Convocation. Ini akan jadi tradisi di UIII," ungkap Bahrul, Senin (20/9/2021) kemarin.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Ia menjelaskan, selama masa pendaftaran pada 7 Juni 2021 sampai dengan 14 Juli 2021, sebanyak 1009 orang telah melamar UIII Scholarship. Pelamar berasal dari 59 negara, dengan komposisi 45 persen berasal dari Indonesia dan 55 persen dari mancanegara.

"Ada yang dari Kanada, Arab Saudi, Mesir, Senegal, dan sebagainya. Ada juga dari negara-negara Asia lainnya. Yang terdekat, tetangga kita dari Malaysia, Singapura, juga ada," sambungnya.

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, UIII telah menetapkan sebanyak 98 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2021-2022. Ini terdiri dari:

  • 28 orang mahasiswa Program Magister Studi Islam Fakultas Studi Islam
  • 23 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Politik Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial
  • 22 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 25 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan

Mahasiswa baru UIII tersebut terdiri atas 58 persen laki-laki dan 42 persen perempuan dengan rincian 66 persen warga negara Indonesia dan 34 persen warga negara asing.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

"Saat ini, perkuliahan baru dibuka untuk program magister. Tahun depan, kita rencanakan akan membuka perkuliahan untuk program doktor pada empat fakultas yang ada," jelas mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tersebut.

UIII merupakan perguruan tinggi pascasarjana yang baru didirikan yang menyediakan tujuh sekolah dan menawarkan berbagai program akademik yang berfokus pada studi Islam dan dunia Muslim.

Universitas ini juga memiliki berbagai pusat penelitian dengan keahlian khusus untuk menjawab isu-isu strategis dan tantangan yang terkait dengan masyarakat Muslim di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com