Kompas.com - 21/09/2021, 17:18 WIB
Pembangunan tahap II Kampus UIII Depok segera rampung Kementerian PUPRPembangunan tahap II Kampus UIII Depok segera rampung

KOMPAS.com - Pertama kali membuka pendaftaran calon mahasiswa pada Juli 2021 melalui program UIII Scholarship, Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) akan memulai perkuliahan perdana pada pekan depan, Senin (27/9/2021).

Program UIII Scholarship terbuka untuk calon mahasiswa dari dalam maupun luar negeri. Sampai dengan 14 Juli 2021, sebanyak 1009 calon mahasiswa telah melamar.

Hal ini diungkapkan Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan, dan Sumber Daya Manusia UIII, Bahrul Hayat, di Kampus UIII Cimanggis, Depok.

"Upacara pembukaan perkuliahan, akan dilaksanakan sore ini, yang kita sebut dengan Academic Convocation. Ini akan jadi tradisi di UIII," ungkap Bahrul, Senin (20/9/2021) kemarin.

Baca juga: Beasiswa S1 Korea Selatan, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 10 Juta Per Bulan

Ia menjelaskan, selama masa pendaftaran pada 7 Juni 2021 sampai dengan 14 Juli 2021, sebanyak 1009 orang telah melamar UIII Scholarship. Pelamar berasal dari 59 negara, dengan komposisi 45 persen berasal dari Indonesia dan 55 persen dari mancanegara.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada yang dari Kanada, Arab Saudi, Mesir, Senegal, dan sebagainya. Ada juga dari negara-negara Asia lainnya. Yang terdekat, tetangga kita dari Malaysia, Singapura, juga ada," sambungnya.

Berdasarkan hasil dari proses seleksi tersebut, UIII telah menetapkan sebanyak 98 orang mahasiswa dinyatakan layak dan diterima sebagai mahasiswa UIII untuk tahun akademik 2021-2022. Ini terdiri dari:

  • 28 orang mahasiswa Program Magister Studi Islam Fakultas Studi Islam
  • 23 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Politik Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial
  • 22 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis
  • 25 orang mahasiswa Program Magister Ilmu Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan

Mahasiswa baru UIII tersebut terdiri atas 58 persen laki-laki dan 42 persen perempuan dengan rincian 66 persen warga negara Indonesia dan 34 persen warga negara asing.

Baca juga: Beasiswa S1 Oxford-Cambridge 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Hidup

"Saat ini, perkuliahan baru dibuka untuk program magister. Tahun depan, kita rencanakan akan membuka perkuliahan untuk program doktor pada empat fakultas yang ada," jelas mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Agama tersebut.

UIII merupakan perguruan tinggi pascasarjana yang baru didirikan yang menyediakan tujuh sekolah dan menawarkan berbagai program akademik yang berfokus pada studi Islam dan dunia Muslim.

Universitas ini juga memiliki berbagai pusat penelitian dengan keahlian khusus untuk menjawab isu-isu strategis dan tantangan yang terkait dengan masyarakat Muslim di seluruh dunia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.