Kompas.com - 24/09/2021, 11:51 WIB
Ilustrasi bahasa inggris to be was were shutterstockIlustrasi bahasa inggris to be was were

KOMPAS.com - Nilai kemampuan bahasa Inggris kini menjadi salah satu syarat wajib saat kamu akan melamar beasiswa kuliah, terlebih beasiswa jenjang S2 baik di dalam maupun luar negeri.

Kini, hampir semua universitas luar negeri memberikan persyaratan skor kemampuan bahasa Inggris, salah satunya TOEFL.

Hal ini penting untuk menunjukkan kemampuan bahasa Inggris baik lisan atau tulisan, mengingat sebagian besar perkuliahan akan menggunakan bahasa Inggris.

Tes TOEFL standar internasional

TOEFL sendiri merupakan sertifikat yang mampu memberikan informasi terkait sejauh mana level kemampuan kamu dalam berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris terlebih pada lingkungan akademik.

Baca juga: Beasiswa S2 University of Cambridge 2022, Tunjangan Rp 351 Juta Per Tahun

Selain itu, pada perkuliahan luar negeri, sertifikat TOEFL menunjukkan bahwa kamu mampu membaca materi akademik dalam bahasa Inggris.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Merangkum laman konsultan pendidikan ICAN Education, tidak semua tes TOEFL diterima secara internasional sehingga kamu juga perlu mempersiapkan sertifikat tes ini sesuai kegunaannya.

Jangan sampai keliru, karena ada begitu banyak jenis TOEFL, dan yang paling populer adalah IBT dan ITP. Karena kekeliruan memilih jenis tes bisa membuat kamu batal diterima sesuai tujuan awal.

Misalnya, jika kamu ingin kuliah di luar negeri, maka gunakan tes TOEFL standar internasional yaitu IBT.

Tes TOEFL IBT langsung dari ETS, sehingga jika kamu berhasil memperoleh sertifikat, maka sertifikat tersebut sudah diakui oleh seluruh dunia. Berbeda dengan TOEFL ITP yang hanya merupakan tes diselenggarakan oleh perguruan tinggi dalam negeri dengan lembaga bahasa Inggris.

Baca juga: Beasiswa S2 Stanford University 2022, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Jika kamu punya cita-cita kuliah ke luar negeri dan membutuhkan sertifikat TOEFL, maka jenis tes TOEFL yang harus kamu ikuti adalah IBT.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.