Kompas.com - 27/09/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi investasi emas shutterstockIlustrasi investasi emas
|

KOMPAS.com - Sejak kecil, kita diajarkan untuk gemar menabung. Tetapi, kini menabung tidak hanya uang saja melainkan bisa dengan berinvestasi.

Guna menambah wawasan finansial masyarakat, Agrianita's Craft and Food Festival (ACFF) 2021 Agrianita IPB University bersama Alumni IPB University Angkatan 32 mengelar talkshow secara daring.

Pada kesempatan itu, IPB mengundang Muhamad Ramzi Hanifyanto selaku Kepala Departemen General Trading & Manufacturing Service di PT Antam Tbk menjadi narasumber.

Baca juga: Keren, Mahasiswa IPB Inovasi Alat Pemotong Kacang Tanah Tercepat

Menurut Ramzi, fokus dia kepada salah satu perencanaan finansial yakni investasi. Ia menyebutkan beberapa alasan yang membuat investasi menjadi hal yang pantas untuk dipertimbangkan karena manfaatnya yang banyak.

Pentingnya investasi

Diantara manfaat investasi ialah mengembangkan kekayaan. Berbeda dengan menabung, kekayaan yang diinvestasikan dapat bertambah seiring waktu.

"Itulah kenapa kita perlu investasi supaya dana atau kekayaan yang kita miliki itu tidak berkurang nilainya bahkan kalau bisa terus bertambah selain dari penghasilan rutin kita," ujar Ramzi dikutip dari laman IPB, Senin (27/9/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikatakan, investasi juga dapat mengalahkan nilai inflasi. Investasi jangka panjang dibutuhkan untuk memenuhi berbagai kebutuhan yang terus bertambah harganya dari mulai:

  • kebutuhan dasar keluarga
  • biaya pendidikan
  • termasuk mempersiapkan masa pensiun

Ramzi membandingkan beberapa pilihan instrumen investasi yang ada saat ini. Investasi dalam bentuk:

  • tanah memiliki kenaikan harga 6-20 persen per tahun
  • emas memiliki kenaikan 10-20 persen per tahun
  • bunga deposito rata-rata adalah 6 persen

Baca juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Begini Tips Investasi di Masa Pandemi

"Selain mempertimbangkan kenaikan harga, kita juga harus mempertimbangkan risiko dari setiap investasi. Kenaikan harga tanah per tahun memang cukup tinggi," katanya.

"Namun saat kita membutuhkan uang, menjual tanah butuh waktu yang relatif lebih lama karena adanya pengurusan administrasi yang lumayan tidak sederhana," imbuhnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.