Kompas.com - 21/09/2021, 06:07 WIB
Ilustrasi soft skills. Dok. ShutterstockIlustrasi soft skills.
|

KOMPAS.com - Setiap mahasiswa punya cara tersendiri untuk mengasah keterampilannya. Termasuk dalam meningkatkan soft skill.

Seperti yang dilakukan Himpunan Mahasiswa Vokasi dari Program Studi Akuntansi, Manajemen Agribisnis dan Manajemen Industri (Himavo Akmapesa), Sekolah Vokasi IPB University ini.

Dalam Poster Competition dan webinar "Improving Our Quality of Life" (19/9/2021), webinar menghadirkan Adnan Fatron, self development trainer sekaligus owner Muda Inspiratif Consulting dan Bhirawa Ananditya Wicaksana, Presiden Mahasiswa IPB University periode 2019-2020.

Baca juga: Generasi Muda Harus Berani Keluar dari Zona Nyaman

Menurut Adnan, soft skill merupakan life skill karena soft skill akan terus bermanfaat sepanjang hidup. Soft skill tidak memiliki aturan baku dan fleksibel karena dibutuhkan kapanpun dan dimanapun.

"Namun untuk menggapai kesuksesan, bertumpu hanya kepada soft skill saja tidak cukup. Kita perlu menyeimbangkan antara soft skill dan hard skill," katanya dikutip dari laman IPB.

Ada tiga faktor dalam kesuksesan atau biasa disebut dengan segitiga kesuksesan. Yaitu:

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

1. kemauan

2. kemampuan

3. kesempatan

"Ini semua yang dapat menimbulkan karakter positif," terangnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.