Kompas.com - 03/10/2021, 07:21 WIB
Ilustrasi Mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi Mahasiswa
|

KOMPAS.com - Pendidikan tinggi di Indonesia menyediakan beberapa jenis jurusan Sastra. Seperti Sastra Inggris, Sastra Jepang, Sastra Arab, Sastra Belanda, Sastra Jerman hingga Sastra Perancis.

Tiap jurusan sastra ini pasti punya kelebihan masing-masing. Salah satu jurusan sastra yang paling banyak diminati adalah Sastra Inggris.

Sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Indonesia juga memiliki jurusan Sastra Inggris. Seperti Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Padjadjaran (Unpad) dan Universitas Airlangga (Unair).

Merangkum dari laman Ruang Guru, Sabtu (2/10/2021), ada serba-serbi jurusan Sastra Inggris yang perlu diketahui calon mahasiswa. Termasuk mata kuliah yang dipelajari hingga prospek kerja lulusan Sastra Inggris. Yuk simak bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: Mahasiswa ITS Kenalkan UV-C untuk Desinfeksi dan Sterilisasi Virus

Serba-serbi jurusan Sastra Inggris

Saat memilih jurusan Sastra Inggris, mahasiswa memang mempelajari ilmu yang berkaitan dengan bahasa Inggris. Namun bukan berarti kuliah di jurusan ini adalah solusi tepat jika ingin menguasai bahasa Inggris dengan cepat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada semester pertama kuliah di jurusan Sastra Inggris, mahasiswa harus menghadapi mata kuliah seperti reading, writing, speaking, listening, dan bahkan grammar. Sehingga mahasiswa Sastra Inggris tidak lagi belajar bahasa Inggris dari dasar.

Pada jurusan Sastra Inggris, juga akan fokus belajar pada kemampuan di bidang kesusastraan (literatur), kebahasaan (linguistik), dan kebudayaan yang berhubungan dengan bahasa Inggris.

Mata kuliah Jurusan Sastra Inggris

Ada beberapa hal penting yang dipelajari selama mengenyam pendidikan di jurusan Sastra Inggris, antara lain:

Baca juga: Universitas dengan Peserta Terbanyak, 124 Tim UGM Lolos PIMNAS 2021

1. Bahasa

Berada di Jurusan Sastra Inggris akan mengajarkan tentang bahasa, baik bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Mahasiswa akan lebih memahami berbagai macam kosakata, struktur gramatika, serta kemampuan untuk membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan bahasa Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.