Kompas.com - 07/10/2021, 18:30 WIB
Pershing Square Foundation (PSF) Beasiswa Double Degree Oxford University Dok. PSFPershing Square Foundation (PSF) Beasiswa Double Degree Oxford University
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Banyak perguruan tinggi berkualitas tersebar di beberapa negara di benua Eropa. Dengan kualitas yang tak perlu diragukan lagi, banyak calon mahasiswa memilih menempuh pendidikan di benua Eropa.

Bisa menempuh pendidikan di luar negeri tentu menjadi sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Selain mempersiapkan sejumlah persyaratan dan dokumen, hal lain yang harus disiapkan jika ingin menempuh pendidikan di Eropa adalah biaya pendidikan.

Perlu diketahui bahwa biaya kuliah di Eropa tentu jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan Indonesia. Biaya kuliah di masing-masing negara pun berbeda beda.

Namun besaran biaya pendidikan yang dikeluarkan tentu sebanding dengan kualitas yang diterima di perguruan tinggi yang ada di luar negeri.

Melansir dari laman konsultan pendidikan ICAN education, Kamis (7/10/2021), berikut ini perkiraan biaya perkuliahan di benua Eropa untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Baca juga: Lewat Squid Game, UM Surabaya Kenalkan Lingkungan Kampus Lewat Film

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Inggris

Inggris adalah salah satu negara terbaik di Eropa untuk bidang akademik. Saat ini beberapa perguruan tinggi di Inggris telah menduduki posisi terbaik di dunia. 

Biaya kuliah di Inggris ditentukan oleh jenjang pendidikan yang diambil dan perguruan tinggi yang dipilih. Untuk pendidikan lanjutan rata-rata sekitar 45.000 GBP sampai 50.000 GBP atau sekitar Rp 868 juta hingga Rp 964 juta.

Sedangkan untuk pra-universitas biaya pendidikan rata-rata 13.000-20.000 GBP atau sekitar Rp 250 juta hingga Rp 385 juta.

Program sarjana 12.000-40.000 GBP atau sekitar Rp 231 juta hingga Rp 771 juta tergantung program studi. Sedangkan untuk pascasarjana 15.000-30.000 GBP atau sekitar Rp 289 juta hingga Rp 578 juta.

Perancis

Biaya kuliah di Perancis bagi mahasiswa internasional cukup terjangkau.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.