Kompas.com - 08/10/2021, 20:01 WIB
Dengan mengusung tema ?Indonesia Culture?, Faber-Castell berhasil mengajak ribuan peserta berpartisipasi memamerkan keragaman budaya di Indonesia secara daring. DOK. Faber CastellDengan mengusung tema ?Indonesia Culture?, Faber-Castell berhasil mengajak ribuan peserta berpartisipasi memamerkan keragaman budaya di Indonesia secara daring.

KOMPAS.com - Kecintaan anak muda atas budaya Indonesia bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya menyuarakan keunikan budaya daerah yang kaya akan nilai seni.

Hal ini muncul dalam beragam karya yang dihasilkan dalam kegiatan menggambar yang digagas produsen alat tulis, Faber-Castell belum lama ini.

Mengusung tema “Indonesia Culture”, gelaran Faber-Castell ini diikuti 1.216 peserta dari 10 kota besar di Indonesia pada kegiatan yang dilaksanakan sejak 1 Agustus hingga 15 September silam.

"Kegiatan ini juga merupakan bagian dari kampanye global yang diadakan Faber-Castell di sejumlah negara Asia Pasifik, dalam mendorong seni menjadi bagian dari kehidupan manusia," ungkap Product Manager Faber-Castell International Indonesia Vincentia Novianty melalui rilis resmi (8/10/2021).

Baca juga: Adina Bachtiar Tumbuhkan Cinta Lingkungan lewat Seni Lukis Kaca

Terkait perlombaan yang mengusung tagar #Colour4life, Vincentia menjelaskan setelah terkumpul 30 karya terpilih, kemudian dilakukan kembali seleksi hingga menyisihkan 20 karya di tingkat final.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada grand final terpilih 2 pemenang nasional, atas nama Sagita Effendi, asal Tuban-Jawa Timur melalui karya berjudul “Bumi Ronggolawe” dan M.Rusyid Afandi asal Madura-Jawa Timur dengan karyanya “Madura Costume Creation”.

"Kedua karya gambar pemenang tersebut sangat memiliki nilai seni yang mewakili kearifan dan keindahan budaya lokal asal daerah peserta, dan keduanya berhak atas hadiah berupa uang pendidikan dan produk bernilai jutaan rupiah," jelas Vincent.

Pengumuman juara nasional tersebut telah diadakan pada 25 September silam, dengan balutan acara berkonsep talkshow tema seni menghadirkan penggiat sosial dan pendidikan, Jovial Da Lopez.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Kemendikbud Ristek, Suhartono Arham, dalam sambutannya mengatakan pihaknya mendukung kegiatan yang dilaksanakan Faber-Castell, karena merupakan bagian dari perwujudan Pendidikan Karakter yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 20/2018.

"Di mana pembentukan karakter dapat dibentuk tidak hanya berasal dari lingkungan sekolah, namun juga berasal dari non lingkungan sekolah, seperti kegiatan yang dilaksanakan oleh Faber-Castell," ungkap Suhartono.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.