Kompas.com - 10/10/2021, 10:57 WIB
Gedung SMAN Unggulan MH Thamrin. DOK. SMAN Unggulan MH ThamrinGedung SMAN Unggulan MH Thamrin.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - SMAN Unggulan MH Thamrin mendapat predikat SMA terbaik se-Indonesia berdasarkan nilai rata-rata UTBK 2021. Sekolah ini bersaing dengan SMAN 8 Jakarta, SMAS Unggul Del, dan lainnya.

Predikat terbaik yang diperoleh, karena semua siswa merupakan orang pilihan.

Baca juga: 10 SMA Terbaik Tangerang dan Tangsel Berdasarkan Nilai UTBK 2021

Menurut Kepala Sekolah SMAN Unggulan MH Thamrin Bahari Lubis, orang pilihan yang dimaksud adalah punya keistimewaan dan jenius.

"Iya karena dari awal memang input, unggulan istimewa. Ya di sana jadi orang jenius saja yah. Jadi di sana orang yang mau belajar saja," kata Bahari saat Kompas.com mengunjungi kediamannya di bilangan Pasar Minggu, pada Senin (4/10/2021) malam.

Bayangkan saja, bilang dia, ada tiga kurikulum yang digunakan siswa SMAN Unggulan MH Thamrin, yakni kurikulum nasional, kurikulum olimpiade, dan kurikulum cambridge.

Kurikulum nasional sama seperti yang digunaka sekolah reguler di Indonesia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau kurikulum olimpiade yang berkaitan dengan olimpiade bidang sains, itu ada 9 tambah penelitian ada 10. Matematika, fisika, kimia, biologi, ekonomi, astronomi, kebumian, geografi, IT, dan penelitian, jadi ya siswa di sini mereka jago-jago semua, bisa ke mana saja," ungkap dia.

Sedangkan kurikulum cambridge berorientasi ke luar negeri, yakni siswa akan dibekali ilmu agar bisa memperoleh beasiswa ke luar negeri.

Untuk kurikulum cambridge, pengajarannya sama seperti di kurikulum olimpiade, yaitu seputar matematika, fisika, kimia, biologi, dan lainnya.

Baca juga: 10 SMA Terbaik di Bekasi Berdasarkan Nilai UTBK 2021

"Ada lagi namanya tutor selain tiga kurikulum tadi. Jadi tutor itu persiapan untuk masuk perguruan tinggi. Tutor ini sudah dari kelas 10 diajarkan, semua siswa dapat. Sekolah regular tidak ada, kita ada," tegas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.