Kompas.com - 12/10/2021, 14:20 WIB
Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah secara resmi membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri pada Senin (11/10/2021), di Hotel Mercure Samarinda. Pembukaan ditandai dengan tabuhan bedug oleh Menaker. Dok. KemnakerMenteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah secara resmi membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri pada Senin (11/10/2021), di Hotel Mercure Samarinda. Pembukaan ditandai dengan tabuhan bedug oleh Menaker.

KOMPAS.com - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah secara resmi membuka Sosialisasi Pemagangan Luar Negeri, Senin (11/10/2021).

Ida mengatakan, Pemerintah melalui Kemnaker terus berupaya menekan pengangguran di Tanah Air, salah satunya melalui program pemagangan.

"Kita punya keinginan pengangguran bisa kita tekan salah satu alternatifnya adalah melalui pemagangan," ucap Ida seperti dilansir dari laman Kemnaker.

Ia menambahkan, pemagangan luar negeri, khususnya ke Jepang sudah berlangsung sejak tahun 1993 dan hingga saat ini peserta yang sudah dikirim ke Jepang sudah mencapai 85.415 orang peserta.

Baca juga: BCA Buka Magang Bakti 1 Tahun untuk Lulusan SMA-SMK, D3 dan S1

Menurutnya, banyak mantan peserta yang mengikuti pemagangan di Jepang kemudian menjadi pengusaha sukses atau diterima dunia usaha, baik di Jepang sendiri maupun di dalam negeri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mereka mulai dari pemagangan, kemudian bisa menjadi pekerja. Ada yang (kini) miliki pekerja sampai 500. Banyak sekali lah dari usaha kecil sampai skala menengah," ucapnya.

Ia menyatakan bahwa pemagangan di Jepang sempat dihentikan sementara karena pandemi. Katanya, Pemerintah Jepang membatasi kehadiran warga negara asing, termasuk peserta pemagangan.

Namun, kini pihaknya sudah berkirim surat ke Pemerintah Jepang agar kembali membuka diri untuk pemagangan dari Indonesia. Hal itu seiring dengan perbaikan kondisi Covid-19 di tanah air.

Menaker juga menjelaskan, pemagangan merupakan bagian dari proses pelatihan dengan menempatkan peserta di perusahaan, sehingga mereka bisa merasakan situasi dan suasana bekerja.

Baca juga: Yakult Buka Lowongan Kerja bagi Lulusan SMA-SMK dan D3

"Jadi pemagangan itu bagian dari pelatihan. Pemagangan bukan untuk mendapatkan tenaga kerja murah secara terselubung, bukan. Pemagangan adalah bagian dari proses pelatihan," ucapnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.