Kompas.com - 12/10/2021, 19:47 WIB
Gedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Tangkap layar laman ITSGedung Rektorat Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) resmi menutup Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) XIV 2021.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mampu menjadi juara umum dengan perolehan medali terbanyak dengan raihan 2 emas, 2 perak, 5 perunggu dan 4 honorable.

Tahun ini, Universitas Telkom telah dipercaya sebagai tuan rumah pelaksanaan GEMASTIK XIV dalam memfasilitasi pelaksanaan kompetisi dari total 3.164 tim yang mengikuti pada 11 divisi lomba 11 cabang lomba, 2 ekshibisi e-Sport, serta kompetisi poster di mana sebaran tim berasal dari 235 perguruan tinggi yang tersebar pada 33 provinsi di Indonesia.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah Anak IPA dengan Prospek Kerja Cerah

Total terdapat 10 perguruan tinggi sebagai kelompok peraih medali terbanyak yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Telkom, Universitas Bina Nusantara, Universitas Pelita Harapan, Institut Teknologi Telkom Purwokerto, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Syiah Kuala, Universitas Mataram dan Universitas Indonesia (UI).

Pelaksana tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Nizam dalam sambutan yang dilakukan secara daring, mengatakan, Gemastik XIV menjadi ajang pembuktian mahasiswa untuk mengekspresikan kreativitas dan suguhan kreasi penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi serta membangun persahabatan antar Perguruan Tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Melalui ajang GEMASTIK ini, para peserta belajar tentang motivasi diri untuk berprestasi, dan belajar untuk bisa mengimplementasikan pengetahuan kompetensi bidang TIK melalui Kampus Merdeka,” tegas Nizam seperti dirangkum dari laman Kemendikbud Ristek.

Daftar pemenang Gemastik XIV

Diawali divisi lomba pemrograman (Programming) di mana Juara I diraih oleh tim Proof by Clarification dari Universitas Bina Nusantara, Juara II oleh tim Ayaka Sayu Venti dari Universitas Indonesia, Juara III oleh tim Semoga Dapat Akun dari Institut Teknologi Bandung dan Juara Harapan oleh tim Dolanan Wae dari Universitas Indonesia.

Baca juga: Beasiswa S2 Jepang 2022, Kuliah Gratis dan Tunjangan Rp 18 Juta Per Bulan

Untuk divisi lomba keamanan siber (Cyber Security), Juara I oleh tim Average kuliah online enjoyer dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara II oleh tim Anonymous dari Universitas Gunadarma, Juara III oleh tim AMIKOM DEEPWEEB dari Universitas Amikom Yogyakarta dan Juara Harapan oleh tim Terlantarkan dari Universitas Bina Nusantara.

Selanjutnya divisi lomba penambangan data (Data Mining), Juara I oleh tim ILY dari Institut Teknologi Bandung, Juara II oleh tim PRATAMA AZMI ATMAJAYA dari Universitas Telkom, Juara III oleh tim Nasigoreng dari Institut Teknologi Bandung, Juara Harapan oleh tim Signal dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Onet v.2 daril Universitas Muhammadiyah Malang.

Kemudian divisi lomba desain pengalaman pengguna (UX Design), Juara I oleh tim Neo-Future dari Universitas Pelita Harapan Medan, Juara II oleh tim Parama dari Universitas Gadjah Mada, Juara III oleh tim DPP-C-Kelompok 7 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Juara Harapan diraih tim Ketidur-AN dari Universitas Indonesia dan penghargaan The Most Inspiring oleh tim Twinless Twin dari Universitas Bina Nusantara.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.