Kompas.com - 15/10/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf assemblymag.comIlustrasi baterai mobil listrik Nissan Leaf
|

KOMPAS.com - Bahan ramah lingkungan ini ternyata bisa dijadikan alternatif baterai oleh mahasiswa Teknik Kimia Universitas Brawijaya (UB).

Bahan apakah itu? Mahasiswa UB di bawah bimbingan Supriyono, S.T., M.T., menggunakan substitusi bahan yang melimpah, yakni limbah tempurung kelapa.

Ini karena luas permukaan dan porinya yang bagus, limbah tempurung kelapa (biochar) bisa digunakan sebagai pengganti grafit pada anoda baterai lithium-ion.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Mi Jagung Sehat, Ini Cara Buatnya

Adapun mahasiswa UB yang melakukan penelitian itu ialah Aditya Bayu Pratama, Akmal Estu Wijaya, Dyah Nurfitri Solikhah, Erina Azahra Amalia dan Prisma Ardaneshwari Khairina.

Limbah tempurung kelapa

Menurut Ketua Tim, Aditya Bayu Pratama, adanya penggantian bahan yang awalnya grafit menjadi biochar tempurung kelapa secara ekonomis mampu menurunkan harga baterai lithium-ion yang mahal.

Bahkan kapasitas simpan spesifiknya yang tinggi (372 mAh/g) dan mampu menghasilkan sel baterai berkerapatan energi tinggi (0.1 A/g).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada sisi lain struktur pori tempurung kelapa yang besar berpotensi untuk meningkatkan performa baterai lithium-ion.

"Inovasi yang kami teliti ini sangat mendukung program Sustainable Low Carbon Development," ujarnya seperti dikutip dari laman UB, Jumat (15/10/2021).

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Pendeteksi Alkohol pada Parfum

Ini karena baterai lithium-ion sangat dianjurkan untuk digunakan pada mobil listrik dengan banyak keunggulannya.

"Selain itu, adanya inovasi kami juga mampu merealisasikan program zero emission di Indonesia beberapa tahun ke depan," imbuh Aditya Bayu Pratama.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.