Kompas.com - 18/10/2021, 11:17 WIB
Ilustrasi profesional muda SHUTTERSTOCKIlustrasi profesional muda
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Ingin meniti karier yang bagus setelah lulus tidak hanya mengandalkan nilai akademik yang bagus.

Tapi juga harus memiliki kompetensi lain yang penting digunakan di dunia kerja. Apalagi di era serba digital, ada penguasaan keterampilan yang harus dimiliki pekerja profesional. 

Merangkum dari laman Universitas Bina Nusantara (Binus), Minggu (17/10/2021), berikut keterampilan yang perlu kamu pelajari agar bisa bersaing pada lima tahun mendatang.

Baca juga: Anak Usaha Kimia Farma Buka Lowongan Kerja Lulusan D3, Yuk Daftar

1. Artificial Intelligence

Berbagai perangkat lunak seperti business intelligence mulai mengisi tren teknologi bisnis terkini. Bahkan, sekitar 70 persen operasional bisnis berlangsung secara digital. Hal ini terjadi berkat semua berkat proses otomatisasi yang ditingkatkan oleh kecerdasan buatan.

Kondisi ini membuat harus akrab dengan kecerdasan buatan. Apapun industri yang akan digeluti nantinya. Kamu bisa mulai mempelajari bagaimana pengembangan kecerdasan buatan tersebut sehingga lebih kenal dengan teknologi dan menerapkannya di tempat kerja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Cloud Computing

Saat ini hampir semua perusahaan menyimpan dan mengelola data mereka dengan cloud computing. Cara ini dinilai lebih aman sekaligus mempermudah akses jarak jauh menuju platform perusahaan dari mana saja dan kapan saja.

Menguasai cloud computing juga penting dalam membantu kamu mendistribusikan dan mengelola proyek individu dengan cara lebih efektif. Kamu bisa mendemonstrasikan keterampilan manajemen suatu proyek. Menguasai keterampilan ini tentu menjadi nilai tambah di mata perusahaan.

Baca juga: Kemenag Tingkatkan Kompetensi Literasi Digital bagi Guru Madrasah

3. Coding

Coding jadi salah satu keterampilan yang paling dibutuhkan saat ini. Keterampilan ini juga bisa dipelajari siapa saja. Penerapan coding terbilang luas, bukan hanya pada industri IT saja, tetapi juga merambah ke sektor industri lain. Bahkan, para ahli berpendapat coding akan segera jadi basic life skill yang harus dimiliki semua orang.

Namun, belajar coding bukan hal mudah. Kamu bisa mencoba mulai dari bahasa pemrograman paling sederhana, seperti JavaScirpt dan HTML. Setelah menguasai bahasa dasar, kamu bisa meningkatkan keterampilan dengan bahasa pemrograman populer, antara lain Python dan C++.

4. UX Design

Keberadaan internet sebagai sumber utama konsumen mencari informasi, produk, dan layanan membuat user experience (UX) design jadi kunci utama. Desain UX yang buruk bisa membuat konsumen enggan mengakses suatu web.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.