Kompas.com - 17/10/2021, 19:39 WIB
Ilustrasi olahraga saat kegemukan. PEXELS/ANDRES AYRTONIlustrasi olahraga saat kegemukan.
|

KOMPAS.com - Kini, tubuh sehat menjadi sangat penting. Apalagi di masa pandemi Covid-19. Maka, seseorang harus bisa menjaga kesehatan tubuh.

Selain menerapkan pola hidup sehat, berolahraga juga sangat penting. Apalagi olahraga lagi atau jalan santai tidak membutuhkan biaya.

Bahkan menurut Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Padjadjaran (Unpad), Dr. Nita Fitria, S.Kp., M.Kes., AIFO, olahraga harus terukur.

Baca juga: Cari Info Lowongan Kerja? Yuk Ikut Virtual Job Fair Gelaran Unpad

Dikatakan, masyarakat masih banyak yang belum paham bahwa untuk mendapatkan hasil optimal, olahraga harus terukur dan terprogram.

"Seperti obat, ada dosis, semuanya harus terukur dan terprogram, begitu juga dengan olahraga," ujarnya seperti dikutip dari laman Unpad.

Terapkan formula FITT

Menurutnya, penting menerapkan formula FITT dalam olahraga, yaitu memperhatikan frekuensi, intensitas, tipe, dan waktu (frequency, intensity, type, & time). Semuanya bergantung pada usia dan kebutuhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan sampai overdosis," kata dosen di Ilmu Keperawatan Dasar Unpad ini.

Selain sehat secara fisik, olahraga juga dinilai dapat meningkatkan kesehatan psikis. Olahraga dapat mengeluarkan hormon endorfin yang dapat meningkatkan kebahagiaan.

Dr. Nita memiliki satu penelitian mengenai pengaruh Senam Jantung Sehat Seri-1 terhadap kebugaran jasmani pada lansia depresi tingkat ringan dan sedang.

Dari penelitiannya, diketahui bahwa Senam Jantung Sehat Seri-1 dapat meningkatkan kebugaran jasmani, sekaligus dapat menurunkan tingkat depresi ringan dan tingkat depresi sedang pada lansia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.