Kompas.com - 19/10/2021, 10:50 WIB
Jadwal daftar ulang calon mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa). Tangkap layar Instagram official_unesaJadwal daftar ulang calon mahasiswa baru Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
|

KOMPAS.com - Menjadi seorang master of ceremony (MC), penyiar atau reporter itu tak bisa hanya belajar dari membaca saja.

Tetapi, profesi itu harus dipraktekkan langsung secara nyata. Bahkan keterampilan bidang tersebut sangat ditentukan jam terbang atau pengalaman.

Tak hanya itu saja, keberanian, keinginan belajar dan terus mencoba adalah modal penting bagi mahasiswa dalam meningkatkan kemampuannya di dunia MC, penyiar dan reporter. Itu semua bisa dimulai dari hal dan kesempatan kecil seperti di organisasi.

Baca juga: Unesa-UMM Kembangkan Aplikasi bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus

Hal itu diungkapkan Kepala UPT Humas Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., pada Webinar Seri Belajar Branding Volume 2 gelaran UPT Humas Unesa, Minggu (17/10/2021).

Menurutnya, organisasi mahasiswa adalah wadah kegiatan mahasiswa, maka harus dimaksimalkan sebagai tempat belajar dan mengembangkan diri.

"Belajarlah jadi moderator, pembuka acara, atau mc di acara-acara organisasi," ujarnya dikutip dari laman Unesa.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tentu, semua penting dilakukan. Belajar dan membiasakan diri memang harus dari hal-hal yang terkecil hingga terbiasa dan mampu mengisi kegiatan-kegiatan skala besar.

Ia menegaskan bahwa mewujudkan cita-cita tidak bisa hanya sekadar angan-angan. Namun, harus diwujudkan dan direalisasikan dari hal-hal kecil dan sederhana.

"Masih tidak percaya diri dan takut salah? Lebih baik mencoba lalu salah, daripada tidak mencoba sama sekali. Salah, keliru dan gugup itu wajar di awal-awal. Dengan mencoba itulah, kita tahu di mana kesalahan, mana kekurangan yang perlu diperbaiki ke depannya," terangnya.

Ia menegaskan bahwa berani memulai dan mencoba kemudian mengevaluasi dan meningkatkan kemampuan adalah bekal utama untuk menjadi seorang MC atau Penyiar yang profesional.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.