Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2021, 10:30 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Usai lulus kuliah, pasti ingin bisa cepat bekerja. Apalagi mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan minat atau jurusan serta bergaji cukup tinggi.

Tetapi, jika kamu sudah mendapatkan pekerjaan dan jadi karyawan baru, jangan segera berbesar hati karena lulus tahap rekrutmen awal. Tidak berarti semua persoalan telah selesai.

Ada satu tahapan lagi yang sangat penting dan harus dijalani dengan baik, yaitu masa percobaan kerja.

Baca juga: 4 Tips Kelola Jadwal Cuti Kerja dari Alumni UGM

Masa percobaan ini adalah periode ketika karyawan akan dinilai kelayakannya dalam memenuhi kompetensi yang diperlukan di perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan biasanya menentukan masa percobaan kerja selama tiga atau enam bulan. Setelah periode ini berakhir, nasib kamu akan ditentukan oleh nilai dari masa percobaan tersebut.

Jika nilai baik, kontrak bisa diperpanjang. Jika beruntung, kamu bisa langsung menjadi karyawan tetap.

Agar bisa lolos melalui masa percobaan ini, berikut tips sukses melewati masa percobaan kerja. Info dirangkum dari laman Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM):

1. Berikan yang terbaik

Kamu harus bisa melakukan yang terbaik saat masa percobaan. Perusahaan biasanya melihat kompetensi dan kinerja karyawan untuk penilaian.

Selesaikan sebaik mungkin dan buatlah perusahaan terkesan dengan pekerjaan kamu. Jika kamu seorang karyawan baru yang ditugaskan mengerjakan sebuah proyek, selesaikanlah proyek tersebut dan presentasikanlah dengan baik.

2. Jangan mengatakan ‘tidak’ dan aktif bertanya

Sebagai karyawan baru, jangan sekali-sekali mengucapkan ‘tidak’ pada pekerjaan yang diberikan kepada kamu. Tidak ada satu orang pun, terutama atasan, yang menyukainya.

Jika belum mengerti, jangan sungkan untuk bertanya dan meminta bantuan kepada rekan kerja lain. Kamu bisa mendengarkan petunjuk yang diberikan dengan saksama dan lakukan sebaik mungkin.

3. Harus proaktif membuat inovasi

Tentu, karyawan baru identik dengan rasa sungkan untuk melakukan inovasi dalam bekerja. Biasanya mereka hanya mengikuti pekerjaan yang sudah diberikan.

Cobalah keluar dari zona tersebut. Jadilah karyawan yang proaktif dengan membuat inovasi baru dan jangan takut untuk menerima tantangan baru di perusahaan.

4. Harus disiplin

Selama masa percobaan, kamu harus lebih disiplin daripada sebelumnya. Disiplin dalam hal ini adalah disiplin dalam kehadiran dan waktu kerja.

Meskipun kemampuan kamu cukup mumpuni, tetapi sering tidak masuk dan terlambat, hal ini akan menjadi nilai minus di mata atasan.

Baca juga: BUMN Bank Mandiri Buka Lowongan Kerja bagi Alumni UGM

5. Sopan dan rendah hati

Kamu akan menemui banyak rekan-rekan baru dengan sifat dan karakter yang berbeda-beda di dunia kerja.

Hal terbaik yang harus kamu lakukan dalam bergaul adalah terapkan sikap rendah hati dan murah senyum kepada rekan-rekan kerja. Tetaplah bersikap ramah dan sopan kepada semua orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com