Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 13:40 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Selama ini biji kapuk jarang dimanfaatkan oleh masyarakat. Sebab biasanya oleh warga sebagian besar dijual langsung kepada para pengepul dengan harga yang sangat murah.

Padahal, biji kapuk masih terdapat kandungan minyak yang cukup tinggi dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Salah satunya adalah biodiesel.

Terkait hal itu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dari Jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Malang (Polinema) melakukan pelatihan terhadap warga Desa Suwayuwo Kabupaten Pasuruan yang berupa pengolahan limbah biji kapuk randu menjadi biodiesel yang ramah lingkungan.

Baca juga: Mahasiswa ITK Inovasi Limbah Ban Jadi Material Anoda Baterai

Adapun tim itu beranggotakan Dr. Sandra Santosa, B.Tech., M.Pd., Arief Rahmatulloh, S.Si., M.Si., Mutia Devi Hidayati, S.Si., M.Si., dan Pritantina Yuni Lestari, S.Pd., M.Pd.

Tim tersebut dibantu oleh empat mahasiswa Nadya Dwita Al’adawia, Taghsya Antibatul Rochman, Prasasti Valentina Gustama, dan Rizki Bagus Maulana.

Kembangkan energi terbarukan

Menurut Sandra Santosa, masyarakat Desa Suwayuwo sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani dan industri pengolahan kapuk randu.

Namun warga biasanya langsung menjual kepada pengepul dengan harga yang sangat murah, yaitu sebesar Rp 3.000 per kilogramnya.

"Kami melihat potensi biji kapuk randu di Desa Suwayuwo ini cukup besar, namun selama ini pemanfaatannya dirasa kurang maksimal," ujarnya seperti dikutip dari laman Polinema.

Oleh karena itu, pihaknya mengajak masyarakat Desa Suwayuwo untuk mengolah biji kapuk randu menjadi biodiesel. Yang mana, hal ini sekaligus menjawab tantangan pemerintah untuk mengembangkan energi terbarukan yang ramah lingkungan, salah satunya adalah biodiesel.

Baca juga: Mahasiswa UNY Inovasi Yogurt untuk Kaum Milenial

Dijelaskan, dalam pengolahan satu kilo gram biji kapuk ini, mampu menghasilkan minyak sebanyak kurang lebih 300 ml.

"Kemudian, minyak ini akan dilakukan proses esterifikasi, trans esterifikasi, dan terakhir dilakukan proses pencucian biodiesel agar didapatkan biodiesel dengan tingkat kemurnian yang tinggi," terang Arief Rahmatulloh.

Dari sosialiasi pengolahan biji kapuk randu menjadi biodiesel ini, masyarakat Suwayuwo sangat antusias dan tertarik.

Masyarakat pun mendapat kesempatan secara langsung untuk mencoba dan mempraktikkan alat serta melakukan proses produksi biji kapuk menjadi biodiesel.

Kepala Desa Suwayuwo Abdul Mujib menyatakan bahwa warganya sangat antusias terhadap inovasi yang diberikan oleh tim Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) Politeknik Negeri Malang ini.

"Harapan saya, agar masyarakat Desa Suwayowo dapat mengembangkan dan memanfaatkan biji kapuk menjadi biodiesel tidak hanya dalam skala home industry tetapi juga dapat dikembangkan dalam skala pabrik ke depannya," harapnya.

Pada akhir acara, tim PKM memberikan hibah berupa mesin screw press kepada masyarakat Desa Suwayuwo, sebagai bentuk simbolis kerjasama dan upaya keberlanjutan program.

Baca juga: Mahasiswa ITS Inovasi Kulit Mangga untuk Cegah Korosi Baja

Diharapkan dengan adanya pelatihan pengolahan limbah biji kapuk randu menjadi biodiesel ini mampu meningkatkan ekonomi masyarakat, khususnya para petani kapuk Desa Suwayuwo di tengah pandemi Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com