Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/11/2021, 19:41 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com – Pembicaraan mengenai jurusan kuliah dengan prospek gaji tinggi mungkin menjadi topik favorit para Generasi Z (Gen Z).

Memilih jurusan tepat saat hendak kuliah merupakan hal yang penting. Calon mahasiswa harus bisa mempertimbangkan faktor ekstra selain minat dan kemampuan.

Memang benar bahwa jurusan kuliah tidak menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Sebab, saat ini banyak ditemui orang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah, tetapi berhasil membangun karier mereka.

Di sisi lain, banyak juga orang yang berhasil meniti karier berkat fokus menekuni jurusan kuliah yang dipilih.

Baca juga: Lulusan Prodi Manajemen, Benarkah Jadi Incaran Banyak Perusahaan?

Dengan memilih jurusan yang tepat dan sesuai minat, para calon mahasiswa atau Gen Z bisa saja mendapatkan kesempatan berkarier dengan gaji tinggi.

Nah, penasaran jurusan kuliah apa saja yang mampu memberikan prospek gaji tinggi? Yuk simak ulasannya, seperti dilansir dari rilis Universitas Nusa Media (UNM), Selasa (2/11/2021) berikut.

1. Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan tepat bagi Gen Z yang senang terhadap bangunan. Pasalnya, jurusan ini akan mereka belajar tentang pengaplikasian teknik dan prinsip ke dalam rancangan bangun serta konstruksi

Dengan berkuliah jurusan arsitektur, Gen Z bisa mendapatkan prospek kerja menjanjikan, mulai dari konsultan, developer, hingga kontraktor.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Tips Memilih Jurusan S2 di Luar Negeri

Beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan arsitektur adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Bisnis digital

Melalui jurusan bisnis digital, para Gen Z bisa mempelajari bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital seperti bisnis startup.

Mereka yang memilih jurusan ini akan belajar banyak hal yang berkaitan dengan startup digital, marketplace, big data, hingga artificial intelligence (AI).

Dikarenakan mahasiswa lulusan bisnis digital ini masih terbilang langka, perusahaan pun tidak segan untuk memberikan gaji tinggi bagi penyandang gelar ini.

Baca juga: 8 PTN dengan Jurusan Akuntansi Terbaik Indonesia 2022 Versi THE

Adapun kampus yang menawarkan jurusan ini, antara lain Universitas Padjadjaran (Unpad), Universitas Nusa Mandiri (UNM), serta Universitas Binus.

3. Kedokteran

Siapa, sih, yang tidak kenal jurusan ini? Hingga saat ini, kedokteran menjadi salah satu jurusan yang paling diminati dan diperebutkan banyak orang.

Profesi dokter tidak dipungkiri memberikan prospek cerah dan gaji tinggi bagi para calon mahasiswanya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com