Kompas.com - 02/11/2021, 19:41 WIB

KOMPAS.com – Pembicaraan mengenai jurusan kuliah dengan prospek gaji tinggi mungkin menjadi topik favorit para Generasi Z (Gen Z).

Memilih jurusan tepat saat hendak kuliah merupakan hal yang penting. Calon mahasiswa harus bisa mempertimbangkan faktor ekstra selain minat dan kemampuan.

Memang benar bahwa jurusan kuliah tidak menjadi tolak ukur kesuksesan seseorang. Sebab, saat ini banyak ditemui orang bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah, tetapi berhasil membangun karier mereka.

Di sisi lain, banyak juga orang yang berhasil meniti karier berkat fokus menekuni jurusan kuliah yang dipilih.

Baca juga: Lulusan Prodi Manajemen, Benarkah Jadi Incaran Banyak Perusahaan?

Dengan memilih jurusan yang tepat dan sesuai minat, para calon mahasiswa atau Gen Z bisa saja mendapatkan kesempatan berkarier dengan gaji tinggi.

Nah, penasaran jurusan kuliah apa saja yang mampu memberikan prospek gaji tinggi? Yuk simak ulasannya, seperti dilansir dari rilis Universitas Nusa Media (UNM), Selasa (2/11/2021) berikut.

1. Arsitektur

Arsitektur merupakan jurusan tepat bagi Gen Z yang senang terhadap bangunan. Pasalnya, jurusan ini akan mereka belajar tentang pengaplikasian teknik dan prinsip ke dalam rancangan bangun serta konstruksi

Dengan berkuliah jurusan arsitektur, Gen Z bisa mendapatkan prospek kerja menjanjikan, mulai dari konsultan, developer, hingga kontraktor.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Tips Memilih Jurusan S2 di Luar Negeri

Beberapa kampus di Indonesia yang menyediakan jurusan arsitektur adalah Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Brawijaya (UB), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

2. Bisnis digital

Melalui jurusan bisnis digital, para Gen Z bisa mempelajari bisnis yang dikembangkan menggunakan teknologi digital seperti bisnis startup.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.