Kompas.com - 03/11/2021, 13:19 WIB
Kampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang. KOMPAS.com/RENI SUSANTIKampus Universitas Padjadajaran (Unpad) di Jatinangor, Kabupaten Sumedang.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Lembaga pemeringkatan internasional, Quacquarelli Symonds (QS) kembali merilis perguruan tinggi terbaik di Asia.

Quacquarelli Symonds adalah perusahaan asal Britania yang mengkhususkan diri dalam analisis institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.

Dalam QS Asia University Rankings (AUR) 2022, total ada 34 perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan ini.

Dalam QS AUR 2022, Universitas Padjadjaran (Unpad) berada pada peringkat 192 di regional Asia dan berhasil berada di peringkat ke-7 nasional.

Baca juga: Ini Daftar 10 PTN Terbaik di Indonesia Versi QS AUR 2022

Peringkat Unpad naik dalam QS AUR 2022

Peringkat Unpad pada QS AUR 2022 mengalami peningkatan yang baik setelah sebelumnya berada pada posisi 238 di QS AUR 2021.

Kenaikan ini menjadi titik tolak Unpad untuk bangkit kembali, setelah empat tahun sebelumnya, peringkat Unpad terus mengalami penurunan.

Data yang diperoleh Kantor Internasional Unpad menunjukkan, pada pemeringkatan QS AUR 2018, peringkat Unpad pada QS AUR berada pada posisi 176.

Peringkat tersebut merupakan yang terbaik bagi Unpad sejak masuk sistem pemeringkatan pada 2014 silam. Namun, di tahun selanjutnya, peringkat Unpad menurun pada posisi 225 di 2019 dan mencapai posisi terendah pada posisi 238 di tahun 2021.

"Alhamdulillah peringkat Unpad meningkat dibanding pada QS AUR 2021," kata Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti seperti dikutip dari laman Unpad, Rabu (3/11/2021).

Baca juga: Mahasiswa, Ketahui 5 Hal Penting Ini Sebelum Ikuti Program Magang

Unggul di 3 indikator

Parameter penilaian pada QS AUR lebih kompleks dibandingkan dengan QS WUR. Ada 11 parameter penilaian, yaitu:

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.