Kompas.com - 16/11/2021, 13:50 WIB
|

KOMPAS.com - Sebenarnya, penyakit diare bisa dicegah sejak dini. Caranya sangat mudah, yakni melakukan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) secara teratur dan benar.

Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan yang dirilis tahun 2019 menyatakan bahwa diare dan ISPA menjadi menjadi dua penyakit yang dialami oleh anak-anak dan orang dewasa.

Berdasarkan laporan tersebut, prevalensi kasus diare pada masyarakat umum adalah 8 persen sedangkan pada balita sebesar 12,3 persen pada 2018.

Baca juga: Ini Pentingnya Cuci Tangan Pakai Sabun bagi Penyandang Disabilitas

Oleh sebab itu, fasilitas CPTS sangat penting tersedia di berbagai area publik seperti di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat-tempat umum, terutama di sekolah.

Fasilitas cuci tangan pakai sabun di sekolah kini menjadi sarana yang wajib disediakan dalam rangka pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Tetapi, ketersediaan sarana CPTS di sekolah tidaklah cukup. Seluruh warga sekolah juga wajib dibekali pengetahuan mengenai langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar.

Setidaknya terdapat 6 gerakan wajib, yakni:

1. menggosokkan kedua tangan satu sama lain

2. menggosok telapak tangan dengan jari-jari yang saling bertautan

3. menggosok telapak tangan antara jemari dengan posisi saling mengunci

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.