Kompas.com - 18/11/2021, 16:28 WIB

KOMPAS.com - Universitas Padjadjaran melalui Pusat Studi Bioprospeksi Serat Alam dan Sumber Daya Hayati akan menggelar kompetisi hackathon di bidang rami.

Kompetisi yang akan berlangsung mulai 30 November 2021 hingga 3 Desember 2021 ini Tidak hanya perdana di Jawa Barat, namun juga menjadi kompetisi hackathon rami perdana di Indonesia.

Kompetisi bertajuk “The 1st Ramie National Hackathon” akan menantang peserta untuk menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan tumbuhan rami (Boehmeria nivea) melalui inovasi dan kreativitas.

Selain itu, kompetisi ini juga merupakan ajang pengembangan kolaborasi antarjejaring dan ekosistem rami di seluruh Indonesia.

Baca juga: 20.000 Mahasiswa Prodi Kesehatan Gagal Lulus Tiap Tahun, Ini Alasannya

Ketua Pusat Studi Bioprospeksi Serat Alam dan SDH Unpad, Asri Peni Wulandari mengajak peserta untuk menerka potensi pengembangan tanaman rami di masa depan melalui kompetisi ini.

"Rami masih menyimpan begitu banyak potensi pengembangan sampai hari ini. Untuk itu, kita, pelaku industry, pengembang, dan pengguna sekalipun akan diajak untuk membuat ide bersama di ‘The 1st Ramie National Hackathon’," tutur Asri seperti dilansir dari laman Unpad, Kamis (18/11/2021).

Bekerja sama dengan komunitas bisnis The Local Enablers, kompetisi hackathon ini akan menghadirkan para mentor multidisiplin terpilih yang akan memperkaya diskusi dan pendampingan proses pembentukan inovasi.

Pendiri The Local Enabler yang juga Dosen FTIP Unpad, Dwi Purnomo mengatakan peserta juga akan diajak melihat potensi pengembangan bisnis rami dari berbagai sudut pandang.

Proses ini diharapkan mampu mengubah pola pikir bisnis rami dari semula konvensional menjadi berkelanjutan.

Baca juga: 5 Beasiswa S2 Luar Negeri yang Terima IPK di Bawah 3

“Bisnis hari ini, perlu mengedepankan produk yang berorientasi pada pelanggan/user centric dalam setiap pengembangannya. Selain itu, bisnis saat ini juga membutuhkan organisasi yang tangkas/agile dalam menghadapi setiap perubahan apalagi di era digital,” kata Dwi.

Sebagai informasi, Pusat Studi Bioprospeksi Serat Alam dan Sumber Daya Hayati Unpad merupakan penyedia layanan laboratorium dan teknologi khususnya dalam pengembangan serat alam dan sumber daya hayatinya.

Pusdi BSA-SDH memberikan informasi yang dapat menunjukkan arahan bagi pengembangan biota dari sumber daya hayati agar bisa dikembangkan lebih luas.

Selain itu, Pusdi ini juga berperan terhadap upaya konservasi keanekaragaman hayati sekaligus menyediakan dasar bagi pengembangan industri bioteknologi modern di negara berkembang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.