Kompas.com - 22/11/2021, 14:35 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa SMP tentu harus mulai berpikir lebih kritis lagi. Apalagi yang suka berdebat. Tentu berdebat boleh saja asalkan yang berdampak positif.

Terlebih yang ingin menjadi seorang pemimpin, maka harus berani dan punya tanggung jawab. Untuk mengembangkan jiwa kepemimpinan, ada satu wadah di sekolah bernama OSIS.

Apa itu OSIS? OSIS merupakan singkatan dari Organisasi Siswa Intra Sekolah, sebuah organisasi siswa resmi yang terdapat di sekolah.

Organisasi ini berperan menjadi “penggerak” sekaligus menggerakkan siswa untuk turut aktif serta berkontribusi bagi sekolahnya.

Baca juga: Manfaat dan Cara Bersepeda dengan Benar bagi Siswa

Setiap organisasi tentu memiliki fungsi dan perannya masing-masing. OSIS sendiri juga mempunyai beberapa fungsi, yaitu sebagai wadah organisasi siswa di sekolah, sebagai penggerak atau motivator, dan juga sebagai sarana pembinaan siswa dalam meningkatkan soft skill.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, pada dasarnya, seluruh siswa di sekolah adalah anggota dari OSIS. Meskipun demikian, OSIS terbagi ke dalam beberapa perangkat.

Perangkat OSIS ialah pembina OSIS, perwakilan kelas atau MPK (Majelis Perwakilan Kelas), dan juga pengurus OSIS.

Pembina OSIS terdiri atas kepala sekolah sebagai ketua, wakil kepala sekolah sebagai wakil ketua, dan guru sebagai anggota. Sedikitnya lima orang guru yang menjadi anggota dan bergantian setiap tahun pelajaran.

Untuk perwakilan kelas atau yang sering disebut MPK, biasanya anggotanya terdiri dari dua orang siswa perwakilan kelasnya. MPK ini bertugas sebagai lembaga legislatif atau pengawas jalannya kepengurusan OSIS di sekolah.

Baca juga: Siswa, Ini Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Bagian kepengurusan OSIS ialah bagian yang cukup penting. Oleh karena itu, kepengurusan umumnya dipilih melalui seleksi yang ketat.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.