Kompas.com - 29/11/2021, 09:59 WIB
|

KOMPAS.com - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Sebab, stres adalah hal yang normal dan alamiah dalam kehidupan manusia. Anda tidak dapat menghindari stres.

Stres ketika terjebak macet di jalan, stres ketika Anda terlambat dari jadwal atau deadline, stres ketika Anda mengerjakan proyek besar bahkan proyek kecil, dan lain sebagainya.

Tapi yang dapat Anda lakukan adalah belajar bagaimana mengelola stres tersebut sehingga Anda bisa terus maju dan memiliki sebuah kebiasaan hidup yang produktif.

Baca juga: Alumni UGM: Ini 5 Tips Jalani Masa Percobaan Kerja

Lantas, bagaimana jika seseorang mengalami stres saat berada di tempat kerja? Bagaimana cara mengatasinya?

Melansir laman Alumni Universitas Gadjah Mada (UGM), ada 5 cara menghilangkan stres di tempat kerja.

1. Coba rencanakan hari Anda

Hal pertama ialah rencanakan setiap aspek dalam hari Anda. Rencanakan juga kegiatan-kegiatan Anda ke depan, terutama ketika Anda sedang mengalami masa-masa berat dalam hidup.

Memiliki rencana harian akan membuat Anda merasa lebih terkontrol. Anda tidak perlu stres menentukan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya.

Manajemen waktu yang baik akan menurunkan tingkat stres Anda. Jadi mulai sekarang biasakan untuk mem-breakdown setiap task kegiatan harian atau mingguan Anda.

Baca juga: 4 Tips Kelola Jadwal Cuti Kerja dari Alumni UGM

2. Tugas paling penting kerjakan dulu

Anda harus bisa menentukan prioritas utama setiap hari sebelum Anda memulai bekerja. Ini akan langsung menurunkan stres. Jadi tentukanlah prioritas utama dari pekerjaan Anda dan kerjakan hingga selesai.

3. Harus istirahat yang banyak

Banyak orang menderita stres dikarenakan mereka kurang tidur. Apabila Anda telah memanajemen hari Anda dengan baik, maka merencanakan lebih banyak tidur seharusnya tidak akan menjadi masalah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.