Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3.200 Mahasiswa Baru ITB Tur Kampus, Rasakan Langsung Atmosfer ITB

Kompas.com - 29/11/2021, 16:31 WIB
Ayunda Pininta Kasih

Penulis

KOMPAS.com - Mengawali pembukaan kembali kampus, Institut Teknologi Bandung (ITB) menyelenggarakan Campus Tour 2021 sebagai pengenalan lingkungan kampus kepada para mahasiswa TPB (Tahap Persiapan Bersama) Angkatan 2021.

Kegiatan ini melibatkan 3.200 mahasiswa yang diselenggarakan mulai tanggal 8-26 November 2021. Adapun pada pelaksanaannya, Campus Tour dibagi per fakultas baik itu ke ITB Kampus Ganesha maupun ke ITB Kampus Jatinangor.

Rektor ITB, Prof. Reini Wirahadikusumah mengatakan tujuan diselenggarakannya acara Campus Tour adalah untuk menyambut kedatangan para mahasiswa di Kampus ITB Ganesha dan Jatinangor.

Baca juga: Program Kampus Mengajar 3 Dibuka, Dapat Uang Saku hingga Bantuan UKT

"Kita sangat menginginkan semua mahasiswa merasakan atmosfer akademik di ITB karena atmosfer akademik ITB adalah hal yang sangat penting dalam mendukung kesuksesan belajar para mahasiswa," ujar Prof. Reini seperti dilansir dari laman ITB.

Rektor juga mengungkapkan bahwa semester II Tahun Akademik 2021/2022 ITB akan memulai pembelajaran secara bauran. Ia mengingatkan di kondisi saat ini, perlu adaptasi kebiasaan baru cara berkuliah di kampus.

Didampingi olah mahasiswa

Campus Tour ITB melibatkan mahasiswa sebagai pendamping. Di Sekolah Arsitektur, Perencanaan, dan Pengembangan Kebijakan (SAPPK) misalnya, pendamping kebanyakan berasal dari angkatan 2019

Mahasiswa baru terlihat sangat bersemangat dalam menjalankan campus tour ini karena selain mereka pertama kali ke kampus Ganesha, mereka juga pertama kalinya bertemu dengan teman mereka yang selama ini hanya mereka kenal secara daring.

Bersama dengan pendamping, mahasiswa baru mulai diajak keliling kampus. Mahasiswa diajak memutari kampus dimulai dari Gedung SAPPK, GKUT, Lab. Fisika, Lab. Kimia, Perpustakaan, GKUB, dsb. Di perpustakaan sendiri, mahasiswa diberikan tur oleh pegawai perpustakaan secara khusus.

Baca juga: Cara Belajar Jan Meyer, Peraih IPK Tertinggi ITB 2021

Setelah diajak keliling kampus, mahasiswa diberikan sambutan oleh Dekan SAPPK dan bertemu dengan dosen wali mereka masing-masing.

Di siang hari, mahasiswa baru diajak untuk tur fakultas mereka. Mahasiswa baru SAPPK diajak mengelilingi Labtek IX A (Gedung PWK) dan Labtek IX B (Gedung Arsitektur).
Mahasiswa diajak melihat studio, perpustakaan, kelas, dan lab. Mahasiswa juga disambut dan diberi arahan oleh para dosen.

Di hari kedua, mahasiswa baru untuk pertama kalinya merasakan olahraga di SARAGA sebagai mahasiswa ITB. Mereka diberikan pilihan untuk memilih cabang olahraga yang mereka minati yaitu antara senam aerobik, basket, futsal, dan berenang.

Dan di hari terakhir, mahasiswa baru mengikuti praktikum secara luring. Mereka akhirnya merasakan praktikum di laboratorium fisika dasar dan kimia dasar yang selama ini hanya mereka lihat melalui layar.

Baca juga: 5 Beasiswa S2 Luar Negeri yang Terima IPK di Bawah 3

Pengenalan praktikum

Salah satu rangkaian kegiatan Campus Tour lainnya ialah kegiatan pengenalan Praktikum Fisika Dasar.

Ketua Koordinator Asisten Laboratorium Fisika Dasar, Moch. Fakhrul Fauzi mengatakan bahwa tujuan diadakannya pengenalan praktikum Fisika Dasar ini adalah untuk mempersiapkan para mahasiswa baru angkatan 2021 untuk pelaksanaan praktikum luring di semester genap.

“Selain karena memang arahan dari pimpinan ITB, kami sebenarnya mengharapkan bahwa para mahasiswa baru yang mengikuti simulasi praktikum ini dapat lebih mengetahui bagaimana situasi praktikum luring di Laboratorium Fisika Dasar ITB. Semoga dengan adanya pengetahuan tersebut, mereka bisa lebih mempersiapkan diri untuk kegiatan praktikum pada semester depan karena kemungkinan akan dilaksanakan secara luring,” ucap Fakhrul.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com