Kompas.com - 29/11/2021, 16:30 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan mencuci tangan setelah beraktivitas menggunakan sabun dan di air mengalir.

Menerapkan perilaku hidup sehat ini tidak hanya dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 saja. Namun penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya.

Pola hidup bersih dan sehat juga perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu pola hidup sehat yang bisa diajarkan kepada anak yakni untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan berbagai makanan yang kaya nutrisi sehat.

Baca juga: Akademisi Unpad: Cegah Kekerasan Seksual Jadi Tanggung Jawab Bersama

Melakukan kebiasaan ini sejak dini penting dilakukan agar anak terbiasa mengonsumsi makanan sehat hingga mereka dewasa kelak.

Kenalkan pola hidup bersih dan sehat sejak dini

Merangkum dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (29/11/2021) membagikan tips untuk mengenalkan pola hidup sehat dan bersih sejak dini. Apa saja tipsnya? Yuk simak bersama informasi berikut ini.

1. Memberikan penjelasan sederhana

Jelaskan tentang pentingnya mengenalkan pola hidup bersih dan sehat sejak dini secara rutin dan konsisten.

2. Mengenalkan anak tentang makanan sehat dan tidak sehat

Berikan contoh gambar makanan sehat seperti sayur, buah, protein hewani, minuman jus. Orangtua juga perlu memberi contoh makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda.

Baca juga: 6 PTN Ini Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ketua Osis

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.