Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/11/2021, 16:30 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di masa pandemi Covid-19, masyarakat dituntut untuk senantiasa menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah penularan Covid-19. Salah satunya dengan mencuci tangan setelah beraktivitas menggunakan sabun dan di air mengalir.

Menerapkan perilaku hidup sehat ini tidak hanya dilakukan dalam kondisi pandemi Covid-19 saja. Namun penting dilakukan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya.

Pola hidup bersih dan sehat juga perlu diajarkan kepada anak sejak dini. Salah satu pola hidup sehat yang bisa diajarkan kepada anak yakni untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan berbagai makanan yang kaya nutrisi sehat.

Baca juga: Akademisi Unpad: Cegah Kekerasan Seksual Jadi Tanggung Jawab Bersama

Melakukan kebiasaan ini sejak dini penting dilakukan agar anak terbiasa mengonsumsi makanan sehat hingga mereka dewasa kelak.

Kenalkan pola hidup bersih dan sehat sejak dini

Merangkum dari akun Instagram Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Senin (29/11/2021) membagikan tips untuk mengenalkan pola hidup sehat dan bersih sejak dini. Apa saja tipsnya? Yuk simak bersama informasi berikut ini.

1. Memberikan penjelasan sederhana

Jelaskan tentang pentingnya mengenalkan pola hidup bersih dan sehat sejak dini secara rutin dan konsisten.

2. Mengenalkan anak tentang makanan sehat dan tidak sehat

Berikan contoh gambar makanan sehat seperti sayur, buah, protein hewani, minuman jus. Orangtua juga perlu memberi contoh makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji dan minuman bersoda.

Baca juga: 6 PTN Ini Buka Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Ketua Osis

3. Mengajarkan anak untuk membiasakan cuci tangan sebelum makan

Kebiasaan mencuci tangan tidak hanya untuk mencegah penularan Covid-19. Tapi juga mengantisipasi terjangkit penyakit menular lainnya seperti diare.

4. Membiasakan anak memelihara gigi yang sehat

Perilaku hidup sehat yang perlu dilakukan termasuk membersihkan gigi dan mulut. Anak-anak sebisa mungkin tidak banyak mengonsumsi makanan manis seperti permen dan coklat. Jika mengonsumsi makanan manis, sebisa mungkin anak menyikat gigi dengan benar agar tidak memicu kerusakan gigi.

Baca juga: Dosen Itera Ciptakan Media Pembelajaran Astronomi bagi Siswa Tunanetra

Itulah 4 tips mengenalkan perilaku hidup sehat dan bersih yang disampaikan Kemendikbud Ristek. Sebagai orangtua bisa menerapkan tips ini agar anak terbiasa dengan perilaku hidup bersih dan sehat dan akan terbawa hingga dewasa kelak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com