Kompas.com - 02/12/2021, 13:20 WIB
Mohamad Yusril Ramadhan, alumnus IPB University. DOK.Laman IPBMohamad Yusril Ramadhan, alumnus IPB University.
|

KOMPAS.com - Belajar di luar negeri tentu menjadi suatu kebanggaan. Seperti halnya yang dialami Mohamad Yusril Ramadhan, alumnus Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB University.

Yusril menjadi Professional Interns di Knox Horticultural, Orlando Florida, United States of America. Tentu, hal tersebut menjadi pengalaman berharga bagi dirinya.

Adapun pengalaman itu ia dapat saat mengikuti International Internship Program atau yang bernama The Ohio Program (TOP) di bawahi langsung oleh The Ohio state University di Colombus, Ohio.

Baca juga: Webinar IPB: Ini 5 Langkah Menolong Korban Kekerasan Seksual

"Untuk di Indonesia sendiri, kita di bawahi langsung oleh asosiasi yang bernama Topagrindo," ujarnya seperti dikutip dari laman IPB, Kamis (2/12/2021).

"Setelah mendaftarkan diri melalui asosiasi Topagrindo dan melewati semua prosesnya, hingga akhirnya saya berhasil pendapatkan placement dan sampailah di United States of America pada Juli 2021," imbuhnya.

Bawa bekal ilmu dari IPB

Dia sebagai Assistant Head Growers selama kurang lebih lima bulan belajar banyak hal dan merawat banyak sekali jenis tanaman. Dari tanaman bunga, herbal, sayuran dan lain sebagainya.

Tentu, semua yang dia butuhkan ternyata sudah ia dapatkan dari semua pelajaran selama masa perkuliahan di Departemen Agronomi dan Hortikultura, IPB University.

"Saya sangat bersyukur dan merasakan bahwa seluruh ilmu, baik hard skill maupun soft skill yang saya dapatkan selama masa perkuliahan di IPB University sangatlah berguna di dunia profesional dalam maupun luar negeri," terangnya.

Baca juga: Keren, Mahasiswa Unhas Inovasi Material Antipeluru

Meski demikian, memutuskan untuk merantau sangat jauh bukanlah hal yang mudah. Karenanya, Yusril menceritakan bahwa untuk mengambil keputusan ini, ia melakukan banyak pertimbangan.

Terlebih harus bertahan hidup di negeri orang dengan budaya yang berbeda dan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.