Kompas.com - 03/12/2021, 16:02 WIB
|

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19, masyarakat mengalami kesulitan untuk mengakses layanan kesehatan gigi. Karena itu, butuh upaya lain agar layanan kesehatan gigi bisa berjalan.

Terkait hal itu, tim pelaksana Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali memberikan layanan Teledentistry gratis.

Layanan dari Program Profesi Dokter Gigi UMY dan Rumah Sakit Gigi & Mulut (RSGM) UMY ini digelar untuk yang kedua kalinya.

Baca juga: 12 Tahun Teliti Bahan Jalan, Akhirnya Dosen UMY Raih Dua Penghargaan

Adapun layanan Teledentistry atau layanan kesehatan gigi dan mulut jarak jauh berbasis online ini diberikan secara gratis kepada masyarakat umum selama 3 kali di Desember 2021, yakni pada tanggal 3, 6 dan 7.

Masyarakat terkendala pandemi

Person in Charge BKGN UMY 2021, drg. Bayu Ananda Paryontri, Sp. Ort., mengatakan, masyarakat di masa pandemi, mengalami kesulitan dalam mengakses pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara gratis.

Hal inilah yang melatarbelakangi kembalinya diberikan layanan Teledentistry secara gratis dari UMY.

"Jadi masyarakat sangat susah mendapatkan pelayanan kesehatan gigi dan mulut secara gratis, masyarakat juga sangat enggan untuk memeriksakan kesehatan mulut dan giginya secara rutin," terang drg. Bayu pada Press Conference BKGN UMY 2021 di ruang Direksi RSGM UMY, Wirobrajan, Yogyakarta, Jumat (3/12/2021).

Menurutnya, masyarakat umumnya baru datang ke dokter saat gigi atau mulut mereka sudah merasakan sakit. "Nah inilah yang perlu kami edukasi, kami juga membuat Teledentistry melalui WA," imbuh Bayu.

Baca juga: Akhirnya, UMY Miliki Guru Besar Perempuan Pertama

Sementara Muh. Ihza Humanindito selaku ketua BKGN UMY 2021 menjelaskan skema Teledentistry yang diagendakan dalam BKGN ini.

Di program ini, ada 9 dokter yang terlibat menjadi konsultan di Teledentistry. Pasien atau masyarakat akan mengubungi nomor admin, lalu admin akan memplotkan setiap pasien yang akan berkonsultasi dengan dokter sesuai dengan keluhannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.