Kompas.com - 06/12/2021, 12:58 WIB

KOMPAS.com - Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Rina Indiastuti mengatakan Unpad siap menjadi kampus ramah disabilitas.

Rina memaparkan bahwa Unpad membuka akses seluas-luasnya bagi penyandang disabilitas untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

“Seluruh warga negara Indonesia punya kesempatan yang sama tidak bisa dibeda-bedakan. Siapapun WNI-nya boleh masuk Unpad,” kata Rina dalam Gelar Wicara “Rektor Ngobras (Ngobrol Bareng Disabilitas)”, seperti dilansir dari laman Unpad, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Kiat Raih Beasiswa S1 Bank Indonesia, Kuliah Gratis bagi Mahasiswa

Dalam mewujudkan hal tersebut, lanjut dia, sejumlah fasilitas telah disiapkan. Mulai dari penyediaan fasilitas ramah disabilitas di setiap gedung, penyiapan modul pembelajaran khusus bagi penyandang disabilitas, penyediaan pendamping belajar, hingga pemberian beasiswa bagi mahasiswa disabilitas.

“Siapapun mahasiswa Unpad tapi teristimewa, pasti diberi beasiswa. Haknya harus sama,” kata Rektor.

Tak hanya itu, Rektor juga menekankan, untuk mewujudkan kampus ramah disabilitas bukan sekadar menyediakan sarana-prasarana pendukung pembelajaran.

Kampus ramah disabilitas dapat terwujud apabila sivitas akademika maupun tenaga kependidikan mampu memberikan dukungan bagi penyandang disabilitas agar mereka bisa menyelesaikan studi dan berprestasi secara optimal.

Selain itu, komunikasi intens guna meyakinkan penyandang disabilitas dapat berkuliah di Unpad perlu dilakukan.

Baca juga: Kemendikbud Ristek Buka Lowongan Magang 2022, Ini Formasi dan Syarat

Untuk itu, ke depan Unpad akan mengundang secara khusus calon mahasiswa melalui sosialisasi ke beberapa sekolah luar biasa.

“Kita akan coba komunikasikan ke SLB bahwa Unpad bisa menerima dan ada fasilitas, beasiswa, dan ekosistem yang akan membantu,” kata Rektor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.