Kompas.com - 09/12/2021, 05:17 WIB
Ilustrasi kesehatan lingkungan sekolah freepik.com/jcomp/Prakasit KhuansuwanIlustrasi kesehatan lingkungan sekolah
|

KOMPAS.com - Lingkungan yang sehat tentu menjadi harapan semua orang. Maka, penting sekali menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

Terkait lingkungan, Departemen Perilaku Kesehatan, Lingkungan dan Kedokteran Sosial dan Program Studi Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat FK-KMK Universitas Gadjah Mada (UGM) mengadakan webinar.

Webinar atau Seminar Rabuan kali ini bertema “Environmental Health Challenge: Research Trends and Priorities in Public Health” secara daring.

Baca juga: Cop Busi Daur Ulang Plastik Inovasi Mahasiswa UNY Bikin Bertenaga Tapi Irit

Isu yang diangkat ialah di bidang kesehatan lingkungan. Hal tersebut dikarenakan penelitian di bidang kesehatan lingkungan ini memang sangat strategis, dan secara efektif dapat mengukur dan mencegah resiko dari paparan dan kerusakan lingkungan.

Salah satu narasumber, Indah Deviyanti, MPH selaku National Professional Officer Environmental Health dari World Health Organization Indonesia mengatakan, intervensi yang berbasis bukti dapat dihadirkan untuk mendukung kesehatan secara optimal.

"Memang isu kesehatan lingkungan seperti perubahan pola hidup dan mobilisasi menyebabkan perubahan-perubahan yang terjadi di saat ini," ujar Indah seperti dikutip dari laman FK-KMK UGM, Rabu (8/12/2021).

Dikatakan, World Health Organizations Indonesia akan mendukung penyelenggaraan penelitian di bidang kesehatan lingkungan baik itu secara global ataupun nasional agar terus terjadi peningkatan.

Hubungan antara penyakit dan kesehatan lingkungan, seperti yang diketahui bahwa lingkungan yang sehat dapat mencegah hampir seperempat beban penyakit global.

Baca juga: Alat Pemantau Kualitas Air Ini Hasil Inovasi Mahasiswa ITS

"Contohnya saat Covid-19 mengingatkan kita tentang hubungan komplek antara manusia dan faktor lingkungan," tambahnya.

Selain itu, definisi dari determinan sosial kesehatan adalah sebuah kondisi dimana orang itu tumbuh dan berkembang, bekerja, hidup sampai tua dan bagaimana sistem lingkungan sekitarnya yang lebih luas membentuk kondisi pribadinya sehari-hari.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.