Kompas.com - 09/12/2021, 09:11 WIB
Ilustrasi MAST IRHAM/EPAIlustrasi
|

KOMPAS.com - Beberapa hari lalu terjadi erupsi Gunung Semeru. Bahkan Gunung Merapi juga masih sering terjadi guguran lava. Tak hanya itu saja, gempa bumi juga sering terjadi.

Hal ini tidak mengejutkan mengingat negara kita terletak di jalur Ring of Fire atau cincin api Pasifik.

Yaitu jalur di sepanjang samudera Pasifik yang ditandai oleh gunung berapi aktif dan seringnya terjadi gempa bumi. Karena letak geografis ini maka di Indonesia banyak terdapat gunung berapi.

Baca juga: Siswa SD, Ini Bencana Alam yang Sering Terjadi di Indonesia

Untuk mengantisipasi atau mengurangi risiko dari bencana alam, diperlukan hal yang bernama mitigasi bencana. Sebelumnya apakah siswa SMP sudah pernah mendengar tentang apa itu mitigasi bencana?

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana.

Baik melalui pembangunan fisik, maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, baik yang disebabkan oleh erupsi gunung berapi juga gempa bumi.

Melansir laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, siswa SMP harus paham pentingnya mitigasi bencana alam, khususnya gunung berapi dan gempa bumi.

Mitigasi bencana gunung berapi

Ada sedikitnya kurang lebih 500 buah gunung berapi yang tersebar di Indonesia, sekitar 126 di antaranya adalah gunung berapi aktif dan 7 dari gunung aktif tersebut seringkali meletus.

Oleh karenanya, penting untuk siswa SMP mengetahui bagaimana melakukan mitigasi bencana alam gunung berapi.

Ketahuilah ciri-ciri gunung berapi yang akan terjadi erupsi. Pada umumnya, ciri-ciri yang terlihat antara lain:

  • sebelum erupsi terjadi, suhu udara di sekitar gunung akan meningkat terjadinya pengeringan mendadak pada perairan sekitar
  • terdengar suara gemuruh dari gunung berapi tersebut.

Baca juga: Siswa, Seperti Ini Tindakan Saat dan Sesudah Gunung Api Meletus

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.